Talk Show Bringing Care Solution for Humanity, Menutup Islamic Book Fair

0
89
Islamic Book Fair
Pemateri Talk Show dalam Islamic Book Fair 2017 di Jakarta, 7 Mei 2017, dari kiri ke kanan: Agung Notowiguno, Salman Al Farisi, Yana Yulio, dan moderator. (FOTO: SERUJI/Jarot Sumarjono)

JAKARTA – Pada hari terakhir Islamic Book Fair di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), Ahad (7/5/2017), pukul 16.30 WIB, pihak penyelenggara mengadakan talk show yang mengangkat tema “Bringing Care Solution for Humanity” dengan menghadirkan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat), Kementerian Luar Negeri, dan penyanyi era tahun 1990an, Yana Yulio.

Pemateri pertama, Presiden PKPU Human Initiative Agung Notowiguno menjelaskan bahwa PKPU lahir pada masa krisis ekonomi tahun 1998 yang melanda negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

“Kondisi krisis ekonomi ini kemudian menjadi pembangkit bagi sekumpulan anak-anak muda Indonesia yang semangat dan termotivasi untuk bergerak melakukan aksi-aksi sosial di beberapa pelosok daerah di Indonesia,” kata Agung.

Selanjutnya Agung menjelaskan bahwa tepat pada tanggal 10 Desember 1999 lahirlah lembaga sosial bernama PKPU. Hingga kemudian PKPU ditetapkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional oleh pemerintah.

“Kami menyadari bahwa ummat Islam Indonesia memiliki potensi dana yang besar yang diperoleh dari Zakat, Infaq dan Shodaqoh. Apalagi Indonesia merupakan negara yang terbesar penduduk muslimnya,” ujar Agung.

Pada akhir pemaparannya, Agung mengatakan bahwa sekarang PKPU tidak hanya mengurusi kegiatan-kegiatan sosial di Indonesia saja, namun sudah merambah ke negara-negara lain bahkan ke negara-negara yang sedang konflik.

Pemateri kedua, Staff Khusus Bidang Organisasi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Salman Al Farisi menjelaskan bahwa dirinya bertugas di Kementerian Luar Negeri untuk memfasilitasi organisasi-organisasi yang akan memberikan bantuan sosial ke Luar Negeri.

“Sudah lama kami Kemenlu mengenal PKPU ini, mulai berdiri hingga sekarang,” kata Salman.

“Apalagi saat ini PKPU sudah terdaftar di PBB, sebagai lembaga dengan status “Special Consultative Status” dari Economic and Social Council (Ecosoc),” lanjutnya.

Beberapa waktu lalu, menurut Salman, Kemenlu membantu dan memfasilitasi PKPU untuk memberikan bantuan kepada rakyat Nepal dan Somalia.

“Saran kami, PKPU tidak boleh lelah melayani siapa saja dan menjangkau yang lokasinya lebih jauh lagi,” pungkasnya.

Pemateri ketiga seorang artis era 1990an, Yana Yulio, mengungkapkan rasa kekagumannya kepada PKPU yang telah bekerja untuk ummat manusia tanpa membedakan agama, status dan golongannya. Di akhir pemaparannya, Yana menyampaikan saran kepada PKPU dan peserta talk show yang hadir.

“Saya mengajak kepada semua yang hadir di sini harus mau menjadikan diri kita agar bermanfaat untuk orang lain,” kata Yana.

“Berbagi rejeki kepada orang lain adalah sebuah keharusan. Di dalam rejeki kita ada sebagian rejeki yang bukan milik kita, maka harus dikeluarkan. Karena jika kita ambil sebagian rejeki yang menjadi milik orang lain tersebut, maka tidak akan bermanfaat bagi diri kita sendiri,” lanjut Yana di akhir pemaparannya.

Acara talk show ini dimeriahkan dengan penampilan tim nasyid Izzatul Islam (IZZIS).

Tim Nasyid Izzatul Islam dalam Islamic Book Fair 2017. (FOTO: SERUJI/Jarot Sumarjono)

Talk show ini menjadi acara penutup kegiatan Islamic Book Fair yang berlangsung mulai tanggal 3 hingga 7 Mei 2017 di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), Jakarta.

CJ: Jarot Sumarjono
EDITOR: Iwan Yuliyanto    

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Diduga Ada ASN Dukung Gus Ipul, Ini Komentar Mantan Sekdaprov Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Munculnya postingan foto Asisten II Sekdaprov Jatim Fattah Yasin bersama beberapa orang termasuk mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan salah satu...

Tabung Elpiji Meledak di Bandung, 14 Orang Luka

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Tabung gas berukuran tiga kilogram meledak di sebuah rumah kontrakan di Gang Marsadi, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, dan melukai...

Korban Dukun Cabul di Sukabumi Terus Bertambah

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Hasil pemeriksaan anggota Polsek Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat korban dukun cabul AR (43) warga Ciaul, Kota Sukabumi terus bertambah hingga...
Penggelapan dana

Kejaksaan Jatim Dalami 15 Anggota Dewan Terlibat P2SEM

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) mendalami keterlibatan 15 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim periode 2004 - 2009 dalam...
tewas

Seorang Wanita Tewas Diduga Keracunan Minuman

RANTAU, SERUJI.CO.ID - Seorang wanita muda berinisial HS berusia 18 tahun warga Desa Bakau, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, meninggal dunia diduga karena...