Sutopo Purwo Nugroho Raih Penghargaan The First Responders se-Asia 2018

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mendapat penghargaan ‘The First Responders’ se-Asia tahun 2018 dari kantor berita The Straits Times, Kamis (29/11).

Sutopo dinilai selalu siap sedia dalam menginformasikan kabar terkini tentang evakuasi korban bencana gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah.

Selain Sutopo, The Straits Times juga memberikan penghargaan tersebut pada 3 orang lainnya. yakni Mr Ng Kok Choong. Ia adalah seorang pilot paralayang (paraglider) yang terlibat dalam upaya penyelamatan dan distribusi bantuan pasca-gempa di Sulawesi Tengah. Almarhum juga dikenal sering terlibat dalam proses evakuasi di banyak daerah bencana di Asia Tenggara, termasuk operasi penyelamatan di Gua Tham Luang, Thailand.

Kemudian Pilot Helikopter Angkatan Laut Indiena, P Rajkumar, dan Vijay Varma yang dihormati atas dedikasinya dalam menyelamatkan korban banjir Kerala, meskipun harus mempertaruhkan nyawa.

Penghargaan tersebut dibacakan pada “The Straits Times Global Outlook Forum”.

“Ketika malapetaka menyerang, naluri alami manusia adalah melarikan diri. Namun ada jenis manusia yang, daripada meninggalkan tempat kejadian, berputar untuk menghadapi bahaya dan bertarung mempertaruhkan nyawa, mereka melindungi orang keselamatan orang lain. Keempatnya adalah contoh terbaik tentang kemanusiaan,” kutipan sambutan penghargaan terkait, sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Kamis (29/11).

“Sebagai ‘First Responders’, keberanian anda untuk tidak mementingkan diri sendiri, berani mengambil resiko, dan menempatkan diri anda dalam bahaya. Asia berhutang budi pada anda, keluarga anda, dan institusi kalian,” demikian kutipan lainnya.

Para penerima penghargaan tersebut dipilih setelah melalui proses musyawarah.

Sutopo pun mengunggah informasi penghargaan tersebut melalui Twitter miliknya, @sutopo_PN, Kamis (29/11).

“Semoga penghargaan “The First Responders” ini dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk semua. Di saat saya sakit kronis dan berjuang dengan hidup saya sendiri, masih tetap bekerja menginformasikan bencana setiap saat. Hanya itu yang bisa saya lalukan,” tulis Sutopo.

(SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER