Survei SSC: Popularitas Khofifah Ungguli Gus Ipul

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Popularitas calon gubernur (cagub) Khofifah Indar Parawansa menyalip cagub Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Ini berdasarkan hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) yang dilaksanakan sejak 25 November sampai 8 Desember 2017 di 38 kabupaten/kota di Jatim.

“Khofifah merupakan sosok yang dikenal oleh 96,8 persen responden. Sementara itu secara berurutan Gus Ipul mendapatkan vote dari 94 persen responden,“ kata Peneliti Senior SSC, Viktor Tobing, saat merilis survei Pertarungan Dua Gajah Pilgub Jatim 2018, Rabu (13/12).

Setelah Khofifah dan Gus Ipul, ada sejumlah nama tertinggi dalam sisi popularitas. Yaitu Anang Hermansyah dengan 77,3 persen, diikuti Azwar Anas yang memperoleh 75,1 persen dan Mahfud MD di posisi kelima dengan 69 persen.

“Sementara Cawagub Emil Elistianto Dardak menduduki posisi keenam dengan perolehan 66,6 persen,” katanya.


Dari sisi akseptabilitas, Khofifah juga mendapatkan poin tertinggi. Ia menggungguli Gus Ipul, Anang Hermansyah, Azwar Anas dan Mahfud MD dengan perolehan sebesar 81,2 persen. Secara berurutan Gus Ipul memperoleh 80,9 persen, Anang Hermansyah mendapatkan 35,6 persen dan Azwar Anas dengan 60,9 persen. Sedangkan, Mahfud MD mengantongi 65,6 persen. Sementara itu, Emil Dardak dianggap layak oleh 59,6 persen responden.

“Menariknya dalam hasil survei kali ini, nama Yenny Wahid dan Azrul Ananda muncul dalam 10 besar hasil survei popularitas dan elektabilitas. Padahal, sebelumnya, kedua nama tersebut tidak pernah muncul dalam hasil survei,” ujarnya.

Yenny Wahid, yang merupakan putri dari Presiden Abdurrahman Wahid, mendapatkan 57,6 persen untuk popularitas dan 48,9 persen untuk akseptabilitas. Sedangkan Azrul Ananda yang notabene putra dari Dahlan Iskan mendapatkan 11,8 persen untuk popularitas dan 7,6 persen untuk akseptabilitas.

Kata Viktor, faktor popularitas dan akseptabilitas merupakan dua hal yang sangat penting untuk digunakan sebagai modal keterpilihan cagub dan cawagub. Akan tetapi, ada salah satu hal potensial lainnya yang menjadi sangat penting untuk kaitan pilgub Jatim 2018.

“Popularitas positif yang mengerucut pada diri seseorang memang dapat menyedot perhatian masyarakat banyak. Namun, bukan berarti perhatian menjadi salah satu pilihan pada ujungnya nanti. Kita tahu bersama bahwa masyarakat Jatim kental akan religiusitas masyarakatnya. Kepatuhan akan panutan menjadi sangat penting di sini. Jadi, faktor lain yang menjadi penting adalah restu dari para panutan. Itu menjadi salah satu jati diri masyarakat Jatim,” tegasnya.

Nanti, lanjut dia, kesemuanya itu akan menjadi satu kesatuan utuh dalam pertimbangan pemikiran masyarakat Jawa Timur dalam menentukan pilihannya.

Data-data itu diperoleh melalui survey yang dilakukan oleh Surabaya Survey Centre di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur pada kurun waktu 25 November-8 Desember 2017. Survey tersebut dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 940 responden. Tingkat kepercayaan dari hasil tersebut sebesar 95 persen dengan margin of error 3,2 persen. (Amal/SU02)

KONSULTASI

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Dampak Tiket Mahal, Bandara Soetta pun Sepi dan Pedagang Mulai Was-Was

Harga tiket melambung, Bandara Soekarno Hatta pun sepi. Pedagang was was...

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Dua Relawan Jokowi-KH Ma’ruf Jadi Korban Ledakan Nobar Debat

TKN Jokowi-Ma'ruf menjenguk dua korban ledakan yang terjadi di area debat calon presiden (capres) yang dirawat di RSAL Dr. Mintohardjo.

Jokowi Klaim Dalam 4,5 Tahun Tak Ada Konflik Pembebasan Lahan, Tapi Data Berkata Sebaliknya

Jokowi klaim sudah tidak ada konflik terkait pembebasan lahan dalam proyek infrastruktur. Namun data yang ditemukan SERUJI berbeda...

TERPOPULER