Sukabumi Digucang Gempa 4 SR

JAKARTA– Getaran gempa dengan kekuatan 4 skala richter (SR) kembali mengguncang wilayah Sukabumi Rabu (15/2) pagi. Peristiwa tersebut mengagetkan sebagian warga yang tengah tertidur dan sebagian bersiap menunaikan shalat subuh.

Informasi dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa itu terjadi pada pukul 04.47 WIB. Lokasi gempa pada koordinat 6.9 LS 106.82 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di darat 12 kilometer Barat Laut Kota Sukabumi. “Gempanya cukup kuat terasa sehingga warga yang tidur lansung bangun dan keluar rumah,” ujar salah seorang warga Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi Kurnia (31 tahun).

Gempa tersebut lanjut dia, lebih besar dibandingkan dengan guncangan gempa yang melanda Sukabumi beberapa waktu lalu. Pasalnya, sejumlah benda di dalam rumah ikut bergoyang akibat gempa.

Warga lainnya di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Faisal (18) juga merasakan getaran gempa. “Gempanya cukup kuat terasa sehingga warga lari keluar rumah,” terang dia. Sebelumnya, gempa yang berpusat di Sukabumi terjadi pada Jumat (10/2) pagi. Data BMKG menyebutkan gempa dengan kekuatan 3,5 SR terjadi pada pukul 10.19 WIB. Lokasi gempa pada koordinat 7.56 LS 106.00 BT yang berpusat di 100 kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kedalaman gempa tersebut mencapai 10 kilometer.

Pada Rabu (8/2) lalu Sukabumi juga diterjang dua kali gempa bumi. Gempa pertama terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 05.01 WIB dengan kekuatan 3,3 SR yang berpusat di Sukabumi. Sementara kejadian gempa kedua berlangsung pada Rabu sore sekitar pukul 15.34 WIB. Kekuatan gempa yang mengguncang lebih besar yakni 5,2 SR.

EDITOR : Yus Arza

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.