Sukabumi Digucang Gempa 4 SR

JAKARTA– Getaran gempa dengan kekuatan 4 skala richter (SR) kembali mengguncang wilayah Sukabumi Rabu (15/2) pagi. Peristiwa tersebut mengagetkan sebagian warga yang tengah tertidur dan sebagian bersiap menunaikan shalat subuh.

Informasi dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa itu terjadi pada pukul 04.47 WIB. Lokasi gempa pada koordinat 6.9 LS 106.82 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di darat 12 kilometer Barat Laut Kota Sukabumi. “Gempanya cukup kuat terasa sehingga warga yang tidur lansung bangun dan keluar rumah,” ujar salah seorang warga Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi Kurnia (31 tahun).

Gempa tersebut lanjut dia, lebih besar dibandingkan dengan guncangan gempa yang melanda Sukabumi beberapa waktu lalu. Pasalnya, sejumlah benda di dalam rumah ikut bergoyang akibat gempa.

Warga lainnya di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Faisal (18) juga merasakan getaran gempa. “Gempanya cukup kuat terasa sehingga warga lari keluar rumah,” terang dia. Sebelumnya, gempa yang berpusat di Sukabumi terjadi pada Jumat (10/2) pagi. Data BMKG menyebutkan gempa dengan kekuatan 3,5 SR terjadi pada pukul 10.19 WIB. Lokasi gempa pada koordinat 7.56 LS 106.00 BT yang berpusat di 100 kilometer Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kedalaman gempa tersebut mencapai 10 kilometer.

Pada Rabu (8/2) lalu Sukabumi juga diterjang dua kali gempa bumi. Gempa pertama terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 05.01 WIB dengan kekuatan 3,3 SR yang berpusat di Sukabumi. Sementara kejadian gempa kedua berlangsung pada Rabu sore sekitar pukul 15.34 WIB. Kekuatan gempa yang mengguncang lebih besar yakni 5,2 SR.

EDITOR : Yus Arza

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Makan Dikit, Perut Kok Buncit?