Soal Makan di Atas Tanah, Kwarda Banten: Kesalahan Kecil Dari Banyak Kebaikan Pramuka

1
352
Ketua Kwarda Pramuka Banten, H. M. Masduki didampingi pengurus Kwarda Pramuka Banten dalam pembukaan Rakerda Gerakan Pramuka Kwarda Banten. Serang, 29 Maret 2017. (foto: SERUJI/Adi)

SERANG – Menanggapi pemberitaan negatif yang sempat menjadi viral di media sosial tentang anggota pramuka di daerah Kronjo Tangerang yang makan di atas tanah, ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Banten, H. M. Masduki menanggapinya dengan santai.

Menurutnya hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan, karena itu hanya kesalahan kecil yang Pramuka lakukan dari banyaknya kebaikan yang Pramuka lakukan dalam mendidik generasi penerus bangsa.

“Fokus saja pada kebaikan yang Pramuka berikan untuk bangsa dan negara ini, Pramuka dari sejak kelahirannya telah banyak mendidik dan menghasilkan generasi yang berkualitas penerus bangsa dan negara ini,” ungkap Masduki kepada SERUJI setelah membuka Rakerda Pramuka Banten di Serang, hari ini, Rabu (29/3).

Masduki juga menambahkan bahwa apa yang terjadi kemarin di wilayahnya murni sebuah kekhilafan dalam berorganisasi.

“Manusia tempatnya salah dan lupa, yang terjadi kemarin adalah murni sebuah kekhilafan tanpa ada unsur kesengajaan. Jadi, kepada kakak-kakak pembina, di Banten khususnya, untuk tetap mendidik adik-adik kita anggota Pramuka agar menjadi generasi yang unggul dan berkualitas,” harapnya.

Lebih lanjut Masduki juga mengklaim bahwa secara umum Pramuka di Banten mengalami kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat jumlah anggota dan prestasinya yang semakin bertambah.

Senada dengan Masduki, Ustadz Yusuf Mansur dalam akun Instagramnya @yusufmansurnew mendukung pola pendidikan pramuka dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa.

“Saya ini anak Pramuka, sampai kapanpun tetap Pramuka. Guru-guru saya, kakak pembina di seluruh Indonesia adalah manusia yang pasti ada saja kesalahan, tapi beliau-beliau merupakan sosok luar biasa,” tulis Yusuf Mansur pada Selasa (28/3) kemarin.

Sementara itu Humas Kwarda Pramuka Banten Dodo Djuanda menganggap apa yang telah terjadi kemarin itu sudah selesai.

“Sudah selesai tidak perlu dibicarakan lagi, yang membuat kesalahan juga sudah minta maaf secara terbuka, mari kita kembali ke fokus utama tujuan gerakan Pramuka di Indonesia,” Ucap Dodo.

Sebagaimana diketahui beredar foto Pramuka makan beralaskan tanah dan rumput di sosial media minggu lalu. Setelah ditelusuri ternyata foto tersebut adalah merupakan bagian dari pengkaderan dan pelantikan anggota baru Saka Wira Kartika Koramil-13/Kronjo, yang dilaksanakan di Buper Pantai Satuan Radar 211 TNI-AU pada 17-19 Maret 2017.

Sementara Sekretaris Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang, Dadang Sudrajat dalam siaran pers yang dikirim ke media pada hari Sabtu (25/3), telah memberikan klarifikasi terkait foto tersebut.

“Kami klarifikasikan bahwa semua itu hanya trik hukuman yang diberikan kepada peserta, karena pelanggaran disiplin jam Ishoma (Istirahat, Sholat dan Makan) yang tidak sesuai jadwal,” kata Dadang.

EDITOR: Iwan S

loading...

1 KOMENTAR

  1. E e eeh….. Yang namanya salah, biarpun kecil, sedang , atau besar…. Ya tetap saja SALAH bung…. !!!
    Ingat akan pepatah : KARENA NILA SETITIK, RUSAKLAH SUSU SEBELANGGA. pas kan, dengan pepatah tersebut…?!?!?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Terima Zohri di Istana, Presiden Jokowi: Dia Orang Besar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Akhirnya juara dunia lari 100 meter U-20, Lalu Muhammad Zohri bertemu dengan Presiden Jokowi. Pertemuan Zohri dengan Presiden yang berlangsung di Istana...
rupiah

Rupiah Makin Mengkhawatirkan, Hari ini Terjerembab di Rp14.422

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Kamis (19/7) sesi pembukaan pagi kembali turun 8 poin, menjadi Rp14.422 per dolar...
Idrus Marham

Idrus Marham Diperiksa KPK Terkait Kasus Suap PLTU Raiu-1

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Kamis (19/7) memeriksa Menteri Sosial, Idrus Marham, sebagai saksi dalam penyidikan kasus suap terkait...

Presiden Jokwi dan Wapres JK Jenguk SBY di RSPAD Gatot Subroto

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjenguk Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, hari ini,...

Masih Belum Temukan 12 Surat Tanah, PLN Area Dumai Akan Urus Surat Pengganti

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Setelah berusaha mencari dan dua kali berturut-turut PT PLN (Persero) Area Dumai mengumumkan kehilangan sejumlah Sertifikat dan Surat Tanah lewat media,...