Setelah Dipanggil KPAI, Shopee Janji Produksi Iklan yang Edukatif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengatakan manajemen Shopee berjanji akan memproduksi iklan yang edukatif dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia.

Hal itu terkait mengenai kontroversi iklan Shopee yang menampilkan girlband Blackpink asal Korea Selatan.

“Kami meminta kepada Manajemen Shopee agar ke depan melakukan perbaikan dan inovasi periklanan yang edukatif. Manajemen shopee pun berjanji akan melakukan perbaikan serta memproduksi iklan yang sesuai dengan norma yang berlaku di Indonesia.,”¬†kata Ketua KPAI Susanto dalam siaran pers di Jakarta, Ahad (16/12).

Susanto menegaskan KPAI mendapatkan pengaduan masyarakat yang keberatan atas iklan shopee Blackpink.

“Tentu pengaduan tersebut, kami tindaklanjuti secara cepat agar jelas dan ke depan tak terulang lagi,” tegasnya.

Baca juga: Keberatan KPI Tegakkan Norma Kesusilaan, PSI: Jangan Serba Melarang

Sementara itu, Komisioner Bidang Pornografi dan Kejahatan Siber KPAI Margaret Aliyatul Maimunah menyatakan bahwa laporan masyarakat ini harus menjadi pelajaran berharga bagi Manajemen Shopee untuk melakukan perbaikan.

“Dalam pembuatan iklan atau produk apapun, manajemen Shopee hendaknya memperhatikan dampak positif bagi anak,” ujar Margaret.

Ia berharap ke depannya betul-betul harus menggunakan perspektif perlindungan anak dalam seluruh iklan dan produk.

“Masyarakat dan dunia usaha menjadi bagian yang mempunyai kewajiban memberikan perlindungan kepada anak,” tegasnya

Pertemuan dengan pihak Shopee dilakukan pada Jumat (14/12). Manajemen Shopee diwakili oleh Country Brand Manager Rezki Yanuar, Head of Goberment Relation Radtyo Triatmojo, dan tim di kantor KPAI.

Dalam kesempatan menyampaikan klarifikasi tersebut, Rezki Yanuar dan tim memberikan penjelasan kepada KPAI bahwa iklan Blackpink yang belakangan menjadi kontroversi telah berakhir tayang tanggal Rabu (12/12) lalu. (Ant/SU05)

1 KOMENTAR

Comments are closed.

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.