Sering Telat Bayar Klaim, BPJS Kesehatan Perbaiki Proses Verifikasi

0
44
BPJS Kesehatan
Kantor BPJS Kesehatan (ilustrasi)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Proses verifikasi klaim biaya pelayanan rumah sakit kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan segera diperbaiki agar lebih tertib serta disiplin dokumentasi untuk memudahkan pembayaran.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, di Jakarta, Kamis (7/12), mengatakan pemerintah akan merevisi regulasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional termasuk salah satunya terkait proses verifikasi.

Selama ini diberitakan sejumlah rumah sakit mengalami penundaan pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan, sehingga mengganggu kas berjalan rumah sakit tersebut.

Fachmi mengakui dalam beberapa hal ada proses verifikasi pembayaran klaim yang membutuhkan waktu.

“Dalam perpres yang baru ini paling lambat enam bulan semua klaim harus masuk, lewat dari itu akan hangus. Jadi harus disiplin berkas,” imbuhnya.

Dia menerangkan bahwa BPJS Kesehatan tidak jarang menerima laporan klaim layanan rumah sakit yang sudah lama, bahkan hampir dua tahun.

Fachmi yang juga mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia ini menerangkan mekanisme pembayaran klaim rumah sakit dengan sistem INA CBGs atau sistem paket berdasarkan penyakit pasien.

Setelah pasien selesai menjalani perawatan atau layanan, rumah sakit mengirimkan laporan berupa dokumentasi dan aspek-aspek lain nondokumentasi kepada BPJS Kesehatan untuk melalui proses verifikasi.

Pada tahap proses verifikasi inilah, kata Fachmi, membutuhkan waktu sampai benar-benar terverifikasi dan bisa dibayarkan.

Jika sudah dinyatakan terverifikasi, lanjut Fachmi, BPJS Kesehatan wajib membayarkan klaim rumah sakit paling lama 14 hari setelah proses verifikasi selesai. Bila terlambat, BPJS dikenakan denda kepada rumah sakit sebesar 1 persen dari total klaim.

“Di Prancis enam bulan. Kita luar biasa, 14 hari. Kalau asuransi swasta mungkin tiga sampai empat bulan,” kata Fachmi.

Dalam proses verifikasi tersebut disebutkan ada potensi fraud atau kecurangan dalam laporan yang disampaikan, sehingga merugikan pihak BPJS Kesehatan.

Namun Fachmi menekankan bahwa BPJS tidak beranggapan rumah sakit berniat untuk mengakali laporan sehingga merugikan negara.

“Tidak ada pretensi dari kami bahwa rumah sakit ‘menggarong’, tidak. Tapi BPJS Kesehatan memang tugas utamanya memverifikasi apakah tagihan sesuai ketentuan,” pungkasnya. (Ant/SU03)

Komentar

BACA JUGA
gunung agung

Promosi Pariwisata Bali Pasca Erupsi Gunung Agung

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Gunung Agung dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah timur Bali, yang sempat beberapa...
Rudiantara

2019 Kominfo Targetkan Indonesia Terhubung Internet

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara menargetkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia terhubung jaringan internet dengan kecepatan tinggi pada 2019 sehingga semua orang...
Abhan

Bawaslu: Penyelenggaraan Pilkada Jangan Mudah Tergoda Suap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengingatkan seluruh jajarannya untuk tidak mudah tergoda suap selama menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada)...
Suap

Terkait Suap, KPU Jabar Panggil KPU Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat akan memanggil jajaran KPU Garut untuk meminta klarifikasi terkait dugaan operasi tangkap tangan terhadap...
Abhan

Terkait Kasus Suap, Bawaslu Berhentikan Sementara Ketua Panwaslu Garut

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan memberhentikan sementara Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Garut, Jawa Barat, Heri Hasan Basri yang...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...