#RIPNukman Trending, Warganet Indonesia Antar Wafatnya Nukman Lutfie

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pakar media sosial Indonesia, Nukman Luthfie, meninggal dunia pada usia 54 tahun di Yogyakarta, Sabtu (12/1) pukul 22.15 WIB.

Kabar duka tersebut mulanya berasal dari status Facebook adik kandung Nukman, Nuruddin Lazuardi.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia kakak kandung kami Nukman Luthfie, beberapa menit lalu di Yogyakarta. Mohon doanya dan pintu maaf agar dilapangkan kuburnya,” bunyi status Nuruddin, Sabtu (12/11), pukul 22:32 WIB.

Tidak berapa lama kemudian, kabar berpulangnya Nukman segera menyebar. Ucapan bela sungkawa dari warganet langsung membanjiri Twitter, hingga tagar #RIPNukman menjadi trending topic Twitter Indonesia. Akun Instagram dan Twitter @nukman pun dibanjiri ucapan belasungkawa, mengenang kepergiannya.

Sejumlah tokoh juga mengucapkan turut berduka atas kepergian Nukman Luthfie yang kerap mengajak masyarakat Indonesia untuk berbuat positif di media sosial.

Baca juga: Nukman Luthfie, Pakar Media Sosial Meninggal Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mencuitkan bela sungkawa. Ia berterima kasih kepada Nukman atas ilmu yang telah dicurahkan Almarhum demi kebaikan Jakarta.

“Innalilahi wa inna ilaihi raji’un. Sugeng tindak, Mas @nukman. Semoga husnul khatimah. Terima kasih atas sumbangsih ilmunya bagi Pemprov DKI Jakarta,” kata Anies lewat akun Twitter-nya.

Jurnalis senior Adib Hidayat tak ketinggalan mengungkapkan kenangannya bersama Nukman seraya menyampaikan ucapan duka citanya melalui akun Twitter pribadinya @AdibHidayat.

“Tahun 2014 diajak Mas @nukman. “Aku ada kerjaan, juri acara musik #BintangAsik. Butuh tim sekitar 60 orang. Bantu ya?” Saya kumpulkan MD Radio & wartawan musik jadi juri. Honor acara itu kata teman-teman juri berkah, dipakai nikah, sekolah anak bahkan perbaiki rumah. #RIPNukman,” tulis Adib Hidayat lewat Twitter @AdibHidayat.

Jurnalis senior lainnya, Rosiana Silalahi juga menyampaikan duka cita untuk kepergian Nukman.

“Selamat jalan mas @nukman. Beristirahatlah dengan damai. Youll be missed #RIPNukman,” tulis Rosiana Silalah lewat Twitter @Rosianna766Hi.

Pimpinan Umum SERUJI, Ferry Koto, juga menyampaikan bela sungkawa seraya mengenang kebersamaannya sejak lama dengan Nukman.

“Selamat jalan mas @nukman, sahabat & guru yang terus membagikan ilmunya bantu banyak orang untuk maju, hingga akhir hayat. Mengenal sejak era milis, dipertemukan pertama kali di @TanganDiAtas. Alm orang yg sangat baik. Semoga Allah berikan tempat yg mulia disisiNYA. #RIPNukman,” tulis Ferry Koto lewat Twitter @ferrykoto

Ucapan belasungkawa juga datang dari lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Turut berduka cita atas wafatnya Nukman Luthfie @nukman seorang pegiat antikorupsi yang senantiasa melantangkan dukungan dan kritikannya terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia. Semoga diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa,” tulis @KPK_RI.

Warganet lain juga mengucapkan selamat jalan dan doa kebaikan untuk Nukman. Tak sedikit mereka yang berterima kasih atas wawasan dari pria yang dijuluki Bapak Medsos Nusantara itu.

Jenazah akan dimakamkan di Kendal, Jawa Tengah, Ahad (13/1).

Nukman Luthfie, lahir di Semarang, 24 September 1964. Ia merupakan salah satu tokoh media sosial di Indonesia. Sempat memulai karir sebagai jurnalis, ia kemudian mendalami dunia internet setelah menjadi direktur pemasaran di PT Agranet Multicitra Siberkom (Agrakom) dan menjabat sebagai Internet Services Director yang melahirkan situs berita online pertama di Indonesia, detik.com.

Nukman kemudian mendirikan Virtual Consulting, dan juga kerap menjadi pembicara dalam acara-acara bertema internet di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, ia juga mengatakan bahwa media sosial dan media daring lainnya bisa menjadi sarana bela negara, terutama bagi kalangan anak muda.

Ia mengajak masyarakat untuk menyebar konten positif di media sosial untuk menginspirasi orang lain. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.