Ramai Soal Khatib Singgung Kasus Ahok, Kemenag akan Panggil Panitia

5
191
salat idul fitri
Khotbah Salat Id di alun-alun. (Ilustrasi)

GUNUNGKIDUL – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta akan memanggil Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) terkait khotbah salat Id yang menyinggung kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kemenag mengatakan pihaknya telah mengimbau para khatib agar tidak menyampaikan isi ceramah yang provokatif.

“Akan kami klarifikasi. Ya akan kami evaluasi, makanya langkah pertama kami panggil panitia buat klarifikasi,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Kemenag Gunungkidul, Mukhotib, Selasa (27/6).

Mukhotib mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah mengantisipasi agar khatib di Gunungkidul saat menyampaikan khotbahnya tidak memaparkan materi provokatif. Caranya, pihaknya sudah mengumpulkan pejabat di lingkungan Kemenag untuk menjaga situasi lebaran lebih kondusif.

“Arahan yang kami sampaikan agar khotbah yang disampaikan tidak berisi ujaran kebencian,” paparnya.

Tapi pihaknya berdalih hanya bisa melakukan pengawasan, sehingga kejadian di Alun-alun Gunungkidul bukan wewenang Kemenag Gunungkidul.

“Itu wewenang takmir masjid Al-Ikhlas atau PHBI,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, isi khotbah salat Idul Fitri di alun-alun Gunungkidul, DI Yogyakarta, menjadi perbincangan. Khatib Ichsan Nuriansah Bajuri sempat menyinggung kasus penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam isi ceramahnya. Dari penuturan salah satu warga yang ikut salat Id, banyak jemaah yang akhirnya meninggalkan lokasi.

Ketua PHBI Wonosari Gunungkidul, Iskanto menyayangkan materi khotbah Ichsan. Menurut dia sebenarnya apa yang disampaikan Ichsan faktual, tapi tidak layak di sampaikan ke masyarakat secara terbuka. (IwanY)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

5 KOMENTAR

  1. Apakah sunan kalijodo sudah menjadi nabi atau tuhan bagi mereka?
    Apakah ada jaminan tempat ibadah lain tidak menyinggung fitnah yg dituduhkan pada para ulama gnpf mui dalam ceramah mereka ditempat ibadahnya?
    Tanya kenapa mereka jadi aneh pada saudaranya sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU