Presiden Resmikan Terminal Bandara Internasional Supadio

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi meresmikan perluasan terminal domestik dan internasional Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat.

“Dengan mengucap bismillah, terminal penumpang Bandara Internasional Supadio di Pontianak siang hari ini saya nyatakan dibuka,” kata Presiden Jokowi di bandara Supadio, Pontianak, Kamis (28/12) siang.

Presiden Jokowi datang bersama dengan Ibu Iriana Jokowi , Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

“Saya tadi melihat dari depan terminal bandara internasional Supadio Pontianak ini begitu sangat megahnya dengan ornamen dayak yang sangat artistik, dan kita harapkan bandara ini mencukupi untuk penumpang yang sudah sekian tahun selalu membeludak,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden tidak meninjau seluruh terminal bandara yang bernuansa etnis dayak dengan warna biru tembaga tersebut, namun hanya sampai di bagian depan terminal.

“Saya dapat informasi karena pertumbuhan penumpang yang ada di bandara ini 15 persen, artinya kalau sekarang sudah ada 3,5 juta penumpang berarti tahun depan tidak cukup lagi terminal ini,” tambah Presiden.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, mengatakan, perluasan Bandara Soupadio sudah dimulai sejak 2015 dan selesai pada Agustus 2017, dengan menelan investasi Rp 350 miliar, khusus untuk pembangunan terminal.

“Tadi saya bisik-bisik dengan Pak Menhub kalau terminal ini tidak cukup berarti harus dibangun lebih besar lagi, ini sudah 32 ribu meter persegi, berarti kalau mau mengejar pertumbuhan 15 persen berarti harus dibangun 2 kali lipat menjadi 64 ribu meter persegi, tapi saya mau lihat apakah betul-betul pertumbuhan dan terminal yang begitu besar seperti ini sudah tidak mencukupi lagi,” tutur Presiden.

Presiden juga mengaku ada kebutuhan penambahan runway (landasan pacu) bandara.

“Kedua berkaitan dengan runway, ada perencanaan runway tidak hanya satu nantinya juga disiapkan dua, tadi Dirut AP menyampaikan ke saya untuk rencana itu tapi keputusannya kita lihat dulu, kalau traffic padat mau tidak mau runway harus dibangun lagi,” ungkap Presiden.

Terminal bandara tersebut diperluas dari 13.683 meter persegi kini menjadi 32 ribu meter persegi, jumlah penumpang yang sebelumnya mencapai 1,5 juta orang per tahun kini bisa menampung 3,8 juta penumpang tiap tahun.

Demikian juga landasan pacu yang saat ini mencapai 2.250×45 meter ditingkatkan menjadi 2.650×45 meter dan akan ditingkatkan menjadi 3.000×45 meter tahun depan. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain.

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Dokter Bedah Yang Ditahan Kejari Pekanbaru Ini, Gemar Ongkosi Pasien Kurang Mampu

Tak hanya memberi pengobatan gratis, ternyata selama ini drg Masrial juga banyak membantu pasien kurang mampu. Apa saja bentuk bantuan itu?

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Akibat drg Masrial Ditahan Kejari, Operasi Gratis Bibir Sumbing 40 Pasien Ini Terancam Batal

Akibat penahanan drg. Masrial, pelaksanaan operasi gratis bibir sumbing di Bengkulu terancam batal.

Muru’ah