Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara ini merupakan yang pertama setelah 71 tahun kemerdekaan Indonesia.

Upacara digelar di halaman Gedung Pancasila, Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (1/6) dimulai pukul 08.00 WIB. Masuknya Presiden Jokowi ke mimbar kehormatan menandai dimulainya upacara.

Para peserta upacara berasal dari tokoh masyarakat, TNI, Polri, Pelajar serta tokoh yang mendapat undangan khusus.

Rangkaian upacara diawali dengan mendengarkan lagu-lagu dari Twilight Orkestra pimpinan Addie MS bersama paduan suara mahasiswa IPB Agria Suara yang membawakan tiga lagu yaitu ”Rayuan Pulau Kelapa”, ”Shalawat Badar”, dan ”Bangun Pemudi Pemuda”.

Selanjutnya, pasukan upacara yang terdiri atas pelajar SD, SMP, SMA, Pramuka, Resimen Mahasiswa, Polri, dan TNI memasuki lapangan upacara.

Presiden Jokowi datang ke lapangan upacara didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Presiden Jokowi yang menjadi inspektur upacara mengenakan pakaian adat Betawi lengkap dengan peci.

hari lahir pancasila
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila. Kementerian Luar Negeri, Jakarta. (Foto: @KemensetnegRI)

Dalam upacara, Presiden membacakan sambutan terkait Hari Lahir Pancasila. Sambutan ini juga dibacakan oleh seluruh kepala daerah yang bertindak sebagai inspektur upacara di daerah masing-masing.

Sejumlah pejabat juga menjadi petugas upacara. Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoly yang mengenakan baju tradisional Nias membacakan Kepres No 24 tahun 2016 tentang Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila.

Kemudian, Ketua MPR Zulkifli Hasan yang mengenakan pakaian adat Melayu bertugas membacakan teks Pancasila. Ketua DPR Setya Novanto yang menggunakan pakaian adat Betawi membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Terakhir, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertugas membacakan doa.

Tampak hadir dalam undangan, para Menteri Kabinet Kerja dan pimpinan Lembaga negara juga mengenakan pakaian adat Nusantara. Sebut saja Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mengenakan pakaian adat Betawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mengenakan pakaian adat Bali, Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengenakan kebaya, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengenakan pakaian adat Jawa.

Dalam upacara tersebut hadir juga mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno, mantan Wakil Presiden Boediono, anak-anak Soekarno yaitu Guruh Soekarnoputra dan Sukmawati Soekarnoputri serta keluarga para tokoh pejuang bangsa.

Tema dari upacara ini adalah ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’. Oleh karenanya, tokoh agama dari berbagai agama dihadirkan sebagai simbol kebhinnekaan. (IwanY)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER