PKPU HI Kirim Tim Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Merespon kondisi bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi Sabtu (22/12) malam, PKPU Human Initiative (HI) telah dan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang berada di lokasi bencana. Untuk itu, PKPU HI telah mengirimkan 11 personil untuk evakuasi dan assessmen.

Tim awal yang terdiri dari 5 personil langsung melakukan koordinasi di posko evakuasi Tanjung Lesung setibanya di lokasi kejadian. Tim langsung melakukan penyusuran di daerah sumur Cibaliung, namun hasil yang didapat hingga evakuasi selesai masih nihil.

Tim evakuasi masih terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten, yakni Ryan di Posko Kopi dan Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang. Tim juga melakukan evakuasi di wilayah Sumur hingga Ujung Jaya.

Evakuasi akan terus dilakukan mengingat masih banyak korban yang belum dievakuasi dan berada di bawah reruntuhan bangunan. PKPU HI akan terus berupaya yang terbaik, untuk membantu masyarakat terdampak tsunami Selat Sunda.

Tim PKPU HI sedang melakukan proses evakuasi korban tsunami Selat Sunda. (foto:dok. PKPU HI)

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin (24/12/2018) pukul 09.16 WIB yang dihimpun PKPU Human Initiative (HI) jumlah korban meninggal menjadi 281 orang, 1,016 orang luka-luka, 57 orang hilang, yang tersebar di 5 Kabupaten terdampak, yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tenggamus, serta Pesawaran.

Sementara, jumlah pengungsi mencapai 11,687 orang. Kerusakan akibat tsunami terdata meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel rusak, 60 warung rusak, serta 420 perahu rusak.

Untuk penanganan darurat telah dilakukan oleh personil gabungan TNI, Polri BNPB, Basarnas, Kementerian PU Pera, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BPBD, SKPD, NGO, relawan dan masyarakat. (PKPU/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi