PKPU HI Kirim Tim Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Merespon kondisi bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi Sabtu (22/12) malam, PKPU Human Initiative (HI) telah dan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang berada di lokasi bencana. Untuk itu, PKPU HI telah mengirimkan 11 personil untuk evakuasi dan assessmen.

Tim awal yang terdiri dari 5 personil langsung melakukan koordinasi di posko evakuasi Tanjung Lesung setibanya di lokasi kejadian. Tim langsung melakukan penyusuran di daerah sumur Cibaliung, namun hasil yang didapat hingga evakuasi selesai masih nihil.

Tim evakuasi masih terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten, yakni Ryan di Posko Kopi dan Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang. Tim juga melakukan evakuasi di wilayah Sumur hingga Ujung Jaya.

Evakuasi akan terus dilakukan mengingat masih banyak korban yang belum dievakuasi dan berada di bawah reruntuhan bangunan. PKPU HI akan terus berupaya yang terbaik, untuk membantu masyarakat terdampak tsunami Selat Sunda.

Tim PKPU HI sedang melakukan proses evakuasi korban tsunami Selat Sunda. (foto:dok. PKPU HI)

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin (24/12/2018) pukul 09.16 WIB yang dihimpun PKPU Human Initiative (HI) jumlah korban meninggal menjadi 281 orang, 1,016 orang luka-luka, 57 orang hilang, yang tersebar di 5 Kabupaten terdampak, yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tenggamus, serta Pesawaran.

Sementara, jumlah pengungsi mencapai 11,687 orang. Kerusakan akibat tsunami terdata meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel rusak, 60 warung rusak, serta 420 perahu rusak.

Untuk penanganan darurat telah dilakukan oleh personil gabungan TNI, Polri BNPB, Basarnas, Kementerian PU Pera, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BPBD, SKPD, NGO, relawan dan masyarakat. (PKPU/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER