Petugas Badan Narkotika DIY Musnahkan Sabu 3 Kg

0
16
Memusnahkan sabu
Petugas sedang memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 3,02 kg di halaman BNNP DIY, Selasa (14/11). (Foto: Hanif/SERUJI)

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Barang bukti narkoba jenis sabu seberat 3,02 kilogram dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Yogyakarta, Selasa (14/11) siang.

Pemusnahan barang bukti ini dilakukan dengan cara dilarutkan ke dalam air panas di halaman kantor BNNP Yogyakarta.

Selain petugas BNNP Yogyakarta, aksi pemusnahan juga dihadiri oleh perwakilan Angkasa Pura Bandara Adi Sutjipto, Polda DIY, Kejaksaan Kota Yogyakarta, Kejaksaan Negeri Magelang, dan ada juga perwakilan dari Pengadilan.

Kepala BNNP Yogyakarta Brigjen Pol Triwarno Atmojo mengatakan barang bukti seberat 3,02 kg yang dimusnahkan merupakan hasil dari penangkapan di dua lokasi berbeda.

Barang bukti pertama merupakan keberhasilan menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu yang rencananya akan dikirim ke Balikpapan di Bandara Adisutjipto.

“Di bandara, petugas menyita empat paket seberat 3060 gram brutto,” ujar Triwarno kepada SERUJI.

Sementara barang bukti kedua merupakan hasil sitaan di Magelang. Petugas berhasil mengamankan seberat 215 gram brutto.

“Hari ini semuanya kita musnahkan seberat 3,02 kg,” tutur Brigjen Pol Triwarno Atmojo.

Pemusnahan dilakukan dengan cara melarutkan barang bukti narkoba jenis sabu ke dalam ember yang disiram air panas mendidih.

Setelah tercampur, air hasil larutan tersebut kemudian dibuang oleh petugas ke dalam septic tank pembuangan.

Menurut Kepala Bidang Pemberantasan Narkotika BNNP DIY, AKBP Mujiyana SH, sebenarnya ada cara yang paling canggih yakni dengan menggunakan sebuah mesin disposal sabu. Namun, lantaran keterbatasan anggaran, Yogyakarta belum memiliki alat tersebut.

“Mesin disposal sabu ini masih jarang, hanya dimiliki dikota-kota besar. Yogyakarta belum kebagian,” ujar Mujiyana.

Lebih lanjut, menurut Mujiyana sejauh ini mesin disposal sabu baru dimiliki Riau, Medan, Bandung, dan Jakarta yang notabene kota-kota besar di Indonesia.

Bentuknya, seperti cerobong asap yang dipanaskan dengan seribu derajat. Sabu dimasukkan kedalam alat itu, maka seketika itu juga sabu akan hancur menjadi uap.

Namun demikian, cara manual yang dilakukan BNNP DIY dengan melarutkan sabu kedalam ember yang disiram air panas, menurut dia sudah bisa dikatakan diizinkan.

“Pada intinya, apapun metodenya, kita benar-benar melakukan penghancuran. Air larutan sabu, saat dibuang akan segera hilang terserap tanah. Jadi, tak ada yang bisa mengambil lagi,” terang Mujiyana.

Selain petugas BNNP Yogyakarta, aksi pemusnahan juga dihadiri oleh perwakilan Angkasa Pura bandara Adi Sutjipto, Polda DIY, Kejaksaan kota Yogyakarta, Kejaksaan Negeri Magelang, dan ada juga perwakilan dari Pengadilan. (Hanif/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Wapres KAHMI

Tutup Munas Kahmi Ke- 10, Ini Pesan Wapres Jusuf Kalla

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meminta organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dapat menonjolkan intelektualisme kecendekiawanan. Kalau berbicara dengan batas...
Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...

KANAL WARGA TERBARU

image4214

USULAN REMBAG EKONOMI UMAT Versi II

DEPO MUSLIM INDONESIA Barang Warung Harga Grosir Bentuk : Koperasi Jasa Bidang : Distribusi Anggota : 1. Pemilik Warung/usaha retail muslim 2. Produsen muslim Spesialisasi Depo dan Distribusi Modal : 1. Stok Barang...
Doa Bisa Simalakama

Doa Bisa Simalakama

Doa bisa dipandang dari dua aspek. Pertama, doa dilihat dari aspek FUNGSInya. Kedua, doa dilihat dari aspek ISInya. Dilihat dari sisi FUNGSInya, doa adalah ibadah....
VIR

Belajar dari “HUKUM OHM”, Selamat datang Masalah

Jamak kita temui, hampir setiap orang yang menghadapi masalah terlihat kusut di wajahnya. Pada tingkatan tertentu, ada sebagian orang bahkan sampai stres dalam menghadapi...