Pernah Disanksi oleh IDI, Kini dr Terawan Malah Melejit Jadi Menteri Kesehatan


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi telah melantik dr Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Maju pada Pemerintahan Jokowi-KH Ma’rud Amin periode 2019-2014.

Dokter yang dikenal dengan terapi ‘cuci otak’ atau Digital Substraction Angiography (DSA) ini pernah disanksi oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada April 2018, karena dianggap melanggar kode etik kodekteran.

Teknik DSA yang digunakan Terawan untuk mengobati pasien dengan masalah penyakit kepala dinilai IDI belum layak untuk diterapkan, sehingga dianggap telah melanggar kode etik kedokteran. Sanksi yang diajtuhkan saat itu adalah mencabut izin praktik Terawan, walau kemudian sempat ditunda dengan ketentuan tak boleh lagi menggunakan DSA.

Sementara, menurut Terawan DSA yang ia gunakan merupakan disertasinya saat mendapatkan gelar doktor di Universitas Hasanudin.

Kini, Terawan yang berpangkat Majend TNI tersebut dipercaya Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Kesehatan yang juga merupakan kementerian yang mengurusi persoalan kesehatan dan yangterkait kedokteran ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.
close