Pernah Disanksi oleh IDI, Kini dr Terawan Malah Melejit Jadi Menteri Kesehatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi telah melantik dr Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Maju pada Pemerintahan Jokowi-KH Ma’rud Amin periode 2019-2014.

Dokter yang dikenal dengan terapi ‘cuci otak’ atau Digital Substraction Angiography (DSA) ini pernah disanksi oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada April 2018, karena dianggap melanggar kode etik kodekteran.

Teknik DSA yang digunakan Terawan untuk mengobati pasien dengan masalah penyakit kepala dinilai IDI belum layak untuk diterapkan, sehingga dianggap telah melanggar kode etik kedokteran. Sanksi yang diajtuhkan saat itu adalah mencabut izin praktik Terawan, walau kemudian sempat ditunda dengan ketentuan tak boleh lagi menggunakan DSA.

Sementara, menurut Terawan DSA yang ia gunakan merupakan disertasinya saat mendapatkan gelar doktor di Universitas Hasanudin.

Kini, Terawan yang berpangkat Majend TNI tersebut dipercaya Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Kesehatan yang juga merupakan kementerian yang mengurusi persoalan kesehatan dan yangterkait kedokteran ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER