Pernah Disanksi oleh IDI, Kini dr Terawan Malah Melejit Jadi Menteri Kesehatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi telah melantik dr Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Maju pada Pemerintahan Jokowi-KH Ma’rud Amin periode 2019-2014.

Dokter yang dikenal dengan terapi ‘cuci otak’ atau Digital Substraction Angiography (DSA) ini pernah disanksi oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada April 2018, karena dianggap melanggar kode etik kodekteran.

Teknik DSA yang digunakan Terawan untuk mengobati pasien dengan masalah penyakit kepala dinilai IDI belum layak untuk diterapkan, sehingga dianggap telah melanggar kode etik kedokteran. Sanksi yang diajtuhkan saat itu adalah mencabut izin praktik Terawan, walau kemudian sempat ditunda dengan ketentuan tak boleh lagi menggunakan DSA.

Sementara, menurut Terawan DSA yang ia gunakan merupakan disertasinya saat mendapatkan gelar doktor di Universitas Hasanudin.

Kini, Terawan yang berpangkat Majend TNI tersebut dipercaya Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Kesehatan yang juga merupakan kementerian yang mengurusi persoalan kesehatan dan yangterkait kedokteran ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Indonesia Darurat Keadilan