Penuhi Kebutuhan Masyarakat Digital, RRI Perkenalkan Platform Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Radio Republik Indonesia (RRI) memperkenalkan paltform baru yaitu RRI Net yang menggabungkan siaran radio yang divisualkan sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 perusahaan itu.

Direktur Utama RRI Mohammad Rohanudin di Jakarta, Senin (10/9), mengatakan pihaknya mengembangkan RRI Net sebagai upaya adaptasi di era konvergensi namun tidak berarti akan meninggalkan karakter sebagai radio dan tidak akan membuat televisi.

“Tapi dengan RRI Net, kami sedang dan akan memenuhi kebutuhan publik yang besar. RRI juga tidak ada niat bersaing dalam konteks pertelevisian di Tanah Air,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya menghadapi tantangan digitalisasi media dimana hampir 80 persen pengguna ponsel pintar adalah masyarakat pada kelompok milenial.

Menurutnya, segmen inilah yang harus dimasuki RRI sehingga wajib mulai secara cepat memenuhi kebutuhan multiplatform agar bisa merebut pangsa pendengar sebanyak-banyaknya.

“Ini juga berarti merebut pendengar sebanyak-banyaknya sehingga peran RRI semakin bisa dirasakan untuk menyampaikan pesan-pesan kepada publik,” katanya.

RRI Net bisa diakses dari laman RRI Play dan rri.co.id yang seluruh perilaku siarannya direpresentasikan dalam format karakter radio. Platform baru itu merupakan cara yang dikembangkan untuk mengadaptasi perilaku orang mendengar radio yang kini bisa dilakukan melalui ponsel pintar.

Radio pelat merah itu kini bersiaran di 97 stasiun radio dengan Programa 3 memiliki 222 jaringan serta telah mengembangkan portal rri.co.id, RRI 30 Detik termasuk Be Young dan aplikasi resmi RRI Play.

Berbagai program menarik pun dikembangkan termasuk dengan menggandeng publik figur sebagai penyiar termasuk Alya Rohali.

Pemres Koran Tempo Budi Setyarso melihat fenomena RRI yang mengembangkan platform konvergensi sebagai langkah yang tepat.

“Apa yang dilakukan RRI sudah ‘on the track’ agar pendengarnya bisa lebih menikmati layanannnya dalam berbagai platform. Di sisi lain RRI punya kesempatan lebih luas kalau bisa melibatkan komunitas-komunitas. Sebab dengan kekuatan personal radio, RRI bisa sangat bermanfaat bagi komunitas-komunitas,” katanya.

Sementara CEO Suara Surabaya Media Errol Jonathan melihat RRI sebagai radio tertua di Indonesia memiliki pengalaman panjang sebagai radio terbesar dengan jaringan terluas serta tanggung jawab kepublikan yang tidak dimiliki oleh stasiun radio swasta manapun.

“RRI tidak sedang bersaing dengan siapa-siapa, dia bersaing dengan dirinya sendiri agar bagaimana tetap aktual, adaptif, dan mampu bersinergi. Apa yang dilakukan RRI dengan konvergensi media ini merupakan upaya untuk mengaktualkan dirinya sehingga bisa memperlihatkan dia bukan radio yang sekadar tua tapi bisa diterima siapapun,” kata Erol.

(Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER