Pengamat: Indonesia Alami Obesitas Regulasi

0
103
Konsultasi Hukum

JEMBER, SERUJI.CO.ID –┬áDirektur Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (Puskapsi) Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono mengatakan bahwa Indonesia sedang mengalami permasalahan regulasi yang dibentuk secara tidak terkendali.

“Saat ini, Indonesia tengah mengalami permasalahan berupa pembentukan jumlah regulasi yang tak terkendali atau obesitas regulasi,” ujar Bayu di Jember, Jawa Timur, Jumat (10/11).

Bayu mengatakan para pengamat hukum tata negara di Indonesia mencatat setidaknya terdapat 12.400 regulasi yang telah dibentuk dalam kurun waktu antara tahun 2000 hingga 2015.

Regulasi-regulasi ini dibentuk mulai dari tingkat pusat yang meliputi; undang undang, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, hingga Peraturan Menteri.

“Sedangkan jumlah total regulasi Indonesia sampai saat ini diperkirakan di angka 62 ribu yang tersebar di berbagai instansi baik di pusat maupun daerah,” ujar Bayu.

Lebih lanjut Bayu mengatakan obesitas regulasi ini menimbulkan percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik menjadi terhambat akibat birokrasi menjadi yang panjang.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama