Pemerintah Siapkan 3.826 Fasilitas Pelayanan Kesehatan Untuk Pemudik

JAKARTA – Pemerintah pusat dan daerah bersama lembaga dan instasi lain atau swasta menyiapkan 3.826 fasilitas pelayanan kesehatan di jalur mudik seluruh Indonesia pada Lebaran 2017.

“Jumlah tahun ini naik dibanding tahun lalu 2016 yang menyiagakan 3.583 fasilitas kesehatan,” kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo di Jakarta, dilansir dari Antara, Rabu (14/6).

Fasilitas kesehatan tersebut berupa 913 pos kesehatan sementara yang tersebar di 15 provinsi Indonesia, 2.228 puskesmas, 374 rumah sakit, 207 kantor kesehatan pelabuhan, dan 104 pusat keamanan publik yang terintegrasi dengan pusat telepon 119 dengan 71 di antaranya berada di jalur mudik.

Bambang mengemukakan setiap pos kesehatan yang terdapat di area peristirahatan dibantu oleh satu orang dokter, dua orang perawat, dan satu orang supir ambulans yang difasilitasi minimal satu mobil ambulans dan satu ambulans roda dua.

“Di setiap rest area disiagakan ambulans roda empat dan roda dua,” kata Bambang.

Sedangkan pos-pos kesehatan di jalur fungsional dijaga oleh dua orang perawat dan difasilitasi satu ambulans roda dua.

Bambang juga menerangkan tentang pos gabungan yang bekerja sama dengan Polri, Jasa Marga, Kementerian Perhubungan dan lainnya yang juga menyediakan layanan lain di luar kesehatan seperti kebutuhan kendaraan di antaranya bahan bakar, tambal ban, mobil derek, atau bengkel.

“Pos gabungan tersebut ditempatkan di setiap pintu keluar tol, termasuk juga pos kesehatan,” kata Bambang.

Penempatan pos kesehatan terdapat di area peristirahatan terutama di wilayah yang berpotensi terjadi kemacetan yaitu Brebes, Tegal, Pemalang, dan Batang.

Di setiap pos kesehatan juga disediakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk mengukur tekanan darah, gula darah, dan disiapkan obat-obatan.

“Pengemudi khususnya untuk mobil pribadi dianjurkan periksakan kesehatan dan jangan memaksakan apabila kondisi sedang tidak sehat,” tutur Bambang. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.