Pemerintah Jepang Kecam Serangan Teror Bom di Surabaya

0
22
TNI dan aparat kepolisian berada di lokasi ledakan bom di Rusanawa Wonocolo, Sidoarjo, Ahad (13/5/2018) malam (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengecam serangan teroris yang terjadi di Kota Surabaya, Jawa Timur, sekaligus menyampaikan rasa simpati dan bela sungkawa kepada para korban bom, pernyataan tersebut disampaikan kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Melalui keterangan resmi Kedutaan Besar Jepang, Senin (14/5), isi pernyataan Menlu Kono sebagai berikut.

Pada tanggal 13 Mei 2018, kami mendapat kabar telah terjadi peledakan bom di beberapa tempat di kota Surabaya yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia serta luka-luka.

Saya merasa terkejut dan sangat marah, teror serta tindakan tirani semacam ini dengan alasan apapun tidak bisa dimaafkan. Kami mengutuk dengan keras aksi tersebut.

Baca juga: Korban Ledakan di Polrestabes Surabaya 10 Orang, 4 Diantaranya Polisi

Pada kesempatan ini, kami menyampaikan rasa simpati serta bela ngsungkawa kepada para korban meninggal beserta keluarga mereka, serta simpati yang mendalam kepada seluruh korban luka yang saat ini dalam perawatan di rumah sakit.

Sekaligus kami menyampaikan rasa solidaritas kepada Pemerintah Indonesia terutama kepada Yang Mulia serta seluruh rakyat dan bangsa Indonesia atas kejadian ini.

Sebelumnya, sejumlah negara sahabat juga menyampaikan pernyataan sikap dan belasungkawa atas peristiwa teror yang terjadi di Surabaya.

Baca juga: Terjadi Baku Tembak Saat Densus Gerebek Dua Lokasi di Sidoarjo

“Pemerintah Korea Selatan mengecam keras teror bom yang terjadi di gereja-gereja di Kota Surabaya, Indonesia pada pagi 13 Mei waktu setempat,” kata Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Chang-beom Kim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad (13/5).

Pemerintah Korea Selatan menyampaikan bela sungkawa kepada para korban dan keluarga korban yang ditinggalkan dan semoga semua korban luka dapat segera pulih.

Sementara itu, Pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan besarnya di Jakarta juga mengutuk serangan bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya.

“Amerika Serikat mengutuk keras serangan terhadap tiga gereja di Surabaya pagi hari ini,” kata pernyataan pada laman resmi Kedutaan Besar AS.

Pemerintah AS memandang bahwa serangan kepada jemaat yang sedang beribadah dengan damai mencederai toleransi dan keberagaman yang dijunjung oleh rakyat Indonesia. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polda Sulsel Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan meringkus tersangka, yang merupakan sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, setelah lebih dari dua tahun...
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Israel Akan Bangun Ribuan Rumah Baru di Tepi Barat

YERUSALEM, SERUJI.CO.ID - Menteri Pertahanan Israel pada Kamis (24/5) mengatakan berencana meminta persetujuan untuk pembangunan sekitar 2.500 rumah baru sebagai permukiman Yahudi di Tepi...
ott, korupsi

KPK Periksa Bupati Buton Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) tiba...

Thailand Rebut Angka Pertama Atas Indonesia di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim Thailand merebut angka pertama atas Indonesia pada pertandingan babak perempat final turnamen bulu tangkis beregu putri Piala Uber melalui pemain...

Angka Kurang Gizi di NTB Masih Tinggi

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan angka kurang gizi di wilayah itu masih tergolong tinggi. "Masih tinggi prevalensi kurang gizi di NTB,...