Pemda Sumatera Barat Bantu Penanggulangan Bencana Pangkalan

PAYAKUMBUH – Untuk membantu penanggulangan bencana banjir badang di Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, pemerintah provinsi Sumatera Barat memberikan bantuan dana.

“Tahap pertama (Pemprov Sumbar -red) mengucurkan dana Rp 750 Juta rupiah untuk membantu Penanggulangan bencana banjir bandang di Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota,” ungkap Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc, Gubernur Sumatera Barat melalui akun facebooknya pada hari ini, Sabtu (5/3).

Selain dalam bentuk dana untuk penanggulangan bencana, bantuan juga diberikan dalam bentuk beras, rendang, Mie dan makanan instan lain. Bantuan tambahan juga berasal dari lembaga-lembaga sosial dan donatur yang mengirimkan bantuan secara mandiri maupun terkoordinasi dengan BPBD Sumatera Barat.

“Kebutuhan utama masyarakat yang terjebak longsor saat ini adalah makanan dan pakaian, maka dapur umum adalah sangat penting saat ini,” ujar Irwan, gubernur yang juga hafidz Al Qur’an ini saat mengunjungi dapur umum yang didirikan BPBD Sumatera Barat.

Irwan Prayitno Gubernur Sumatera Barat saat meninjau lokasi longsor (foto: Elfizon)

Sementara itu, mulai hari ini jalan Payakumbuh-Pangkalan sudah bisa lalui, khususnya bagi masyarakat Pangkalan yang akan keluar dan relawan yang akan ke lokasi bencana. Namun pemerintah Sumatera Barat menghimbau pengguna jalan yang akan ke Pekanbaru agar jangan dulu melewati jalur ini, karena masih banyak tebing yang rawan dan masih ada tanah amblas di KM 139.

“Demi pencegahan dampak bencana yang masih mungkin terjadi seiring hujan yang masih terus turun, saya memohon kepada masyarakat, wali nagari, dan pamong pemerintahan semua saling memantau daerahnya. Jika ada potensi pergeseran tanah yang bisa berakibat longsor, untuk proaktif melapor kepada BPBD, Kecamatan, atau Polsek terdekat untuk segera ditindaklanjuti,” himbau Irwan.

Sebagaimana diketahui sejak beberapa hari ini telah terjadi longsor yang mengakibatkan putusnya jalan yang menghubungkan provinsi Sumatera Barat dan provinsi Riau. Longsor ini terjadi karena hujan yang terus menerus dan terjadi banjir bandang di daerah Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

EDITOR: FK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Divestasi Freeport

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.