Panglima: Upaya Penguatan TNI Butuh Dukungan Semua Pihak

0
57
Gatot Nurmantyo
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan terus diupayakan pembangunan kekuatan TNI, namun untuk mewujudkan itu butuh dukungan semua pihak.

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dalam pidatonya yang dibacakan Wadanlantamal I Belawan, Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso pada peringatan HUT TNI ke-72 di Belawan, Kamis (5/10), mengatakan pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi alutsista.

Kemudian pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran.

“Pembangunan pulau terluar tertentu yang bersifat strategis merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara,” kata Jenderal Gatot.

Ia menyebutkan, pembangunan prioritas pulau terluar tersebut adalah pulau Natuna, pulau Yamdena (Kota Saumlaki), pulau Selaru, pulau Morotai, pulau Biak dan Kabupaten Merauke.

Mengenai kesejahteraan prajurit, pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui peningkatan penghasilan dalam program remunerasi, di bidang perumahan yang diwujudkan dalam bentuk rumah susun maupun perumahan non dinas.

“Melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana sehat dengan mendapatkan bantuan untuk meringankan uang muka dari pemerintah,” ucap jenderal bintang empat itu.

Panglima TNI menjelaskan, Indonesia akan terus menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB.

Bahkan, saat ini misi kemanusiaan yang sedang dilaksanakan kepada warga Muslim Rohingya Myanmar, upaya tersebut terus dilaksanakan dalam rangka memperbesar komitmen dan peran Indonesia dalam pemeliharaan perdamaian dunia sesuai amanah pembukaan UUD tahun 1945.

Dalam pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB, berhasil karena dapat berbaur dan diterima keberadaannya oleh masyarakat setempat.

“Hal ini menandakan bahwa keberadaan prajurit TNI selalu mendapat hati dilingkungan masyarakat sekitarnya, karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal di manapun berada,” kata Jenderal TNI Gatot.

Peringatan HUT TNI ke-72 itu, dilaksanakan di Mako Lantamal I Belawan, Medan, Provinsi Sumatera Utara, dengan menampilkan upacara parade, defile, demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun alutsista TNI, drumband dan drama kolosal perjuangan TNI. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...