Panglima: Upaya Penguatan TNI Butuh Dukungan Semua Pihak

0
26
Gatot Nurmantyo
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan terus diupayakan pembangunan kekuatan TNI, namun untuk mewujudkan itu butuh dukungan semua pihak.

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dalam pidatonya yang dibacakan Wadanlantamal I Belawan, Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso pada peringatan HUT TNI ke-72 di Belawan, Kamis (5/10), mengatakan pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi alutsista.

Kemudian pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran.

“Pembangunan pulau terluar tertentu yang bersifat strategis merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara,” kata Jenderal Gatot.

Ia menyebutkan, pembangunan prioritas pulau terluar tersebut adalah pulau Natuna, pulau Yamdena (Kota Saumlaki), pulau Selaru, pulau Morotai, pulau Biak dan Kabupaten Merauke.

Mengenai kesejahteraan prajurit, pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui peningkatan penghasilan dalam program remunerasi, di bidang perumahan yang diwujudkan dalam bentuk rumah susun maupun perumahan non dinas.

“Melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana sehat dengan mendapatkan bantuan untuk meringankan uang muka dari pemerintah,” ucap jenderal bintang empat itu.

Panglima TNI menjelaskan, Indonesia akan terus menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB.

Bahkan, saat ini misi kemanusiaan yang sedang dilaksanakan kepada warga Muslim Rohingya Myanmar, upaya tersebut terus dilaksanakan dalam rangka memperbesar komitmen dan peran Indonesia dalam pemeliharaan perdamaian dunia sesuai amanah pembukaan UUD tahun 1945.

Dalam pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB, berhasil karena dapat berbaur dan diterima keberadaannya oleh masyarakat setempat.

“Hal ini menandakan bahwa keberadaan prajurit TNI selalu mendapat hati dilingkungan masyarakat sekitarnya, karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal di manapun berada,” kata Jenderal TNI Gatot.

Peringatan HUT TNI ke-72 itu, dilaksanakan di Mako Lantamal I Belawan, Medan, Provinsi Sumatera Utara, dengan menampilkan upacara parade, defile, demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun alutsista TNI, drumband dan drama kolosal perjuangan TNI. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...