Organda Tolak Rencana Pemerintah Legalkan Motor Jadi Angkutan Umum

PADANG, SERUJI.CO.ID – Orgaisasi Angkutan Darat (Organda) Sumatera Barat menolak wacana pemerintah untuk melegalkan sepeda motor sebagai angkutan umum karena hal itu dinilai bertentangan dengan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kita akan ajukan perlawanan hukum jika hal itu jadi direalisasikan,” kata Ketua Organda Sumbar S. Budi Syukur di Padang, Rabu (15/1).

Menurut Budi, menjadikan sepeda motor sebagai angkutan umum harus dipertimbangkan secara matang, tidak boleh gegabah karena efeknya terhadap angkutan umum akan sangat besar.

“Saat ini keberadaan ojek online yang sudah merambah seluruh lini mulai dari jalan kecil di lingkungan pemukiman hingga jalan-jalan utama perkotaan sudah sangat mempengaruhi pendapatan angkutan umum konvensional seperti angkot,” terangnya.

Baca juga: Jokowi: Saya Marah Kalau Ada yang Remehkan Profesi Ojek Online

Organda menuntut agar angkutan berbasis daring itu ditertibkan karena tidak memiliki dasar hukum untuk beroperasional. Regulasi yang dibutuhkan menurutnya bukan dengan cara melegalkan sepeda motor sebagai angkutan umum.

“Kita minta ditertibkan bukan dilegalkan jadi angkutan umum,” katanya.

Sebagai organisasi yang manaungi angkutan darat, kata Budi, sudah menjadi kewajibannya untuk melindungi kepentingan anggota yang terancam oleh keberadaan angkutan ilegal atau aturan yang dibuat untuk melegalkannya.

Baca juga: Di Depan Ribuan Ojek Online, Prabowo: Saya Berjuang Keras Untuk Kalian

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan berencana untuk menjadikan sepeda motor sebagai angkutan umum dengan menerbitkan aturan khusus menggunakan kewenangan diskresi yang diatur pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintah.

Hal itu disebabkan motor bukan angkutan umum berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER