Munas KAHMI: Mahfud MD Klaim HMI dan KAHMI Tidak Berpolitik Partisan

0
97
mahfud md
Ahli Hukum Tata Negara Prof. Moh. Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Ketua Umum Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Prof Mahfud MD menegaskan sikap politik organisasi itu yang independen dan netral kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam pembukan Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) ke-10 di Medan, Jumat, Mahfud MD mengatakan, Kahmi dan HMI adalah “anak kandung” yang lahir dari rahim bangsa Indonesia.

Karena itu, Kahmi dan HMI tidak akan mengambil sikap politik partisan, melainkan politik yang mengedepankan kepentingan lebih besar yang berkaitan kepentingan bangsa.

Apalagi Kahmi dan HMI terdiri dari orang-orang berasal dari multietnis, multiperguruan tinggi, mulitiide, dan berbagai pelosok Tanah Air.

Selain itu, anggota Kahmi juga tersebar di berbagai partai politik sehingga memungkinkan menunjukkan sikap atau dukungan pada kelompok tertentu saja.

“Kahmi tidak berpolitik, tidak kemana-mana, Tapi Kahmi ada dimana-mana. Ada di PAN, Golkar, PPP, PKS, di PDIP juga banyak,” tuturnya.

Konsekwensi dari sikap itu, kata Mahfud, Kahmi menganut dan mengalami demokrasi yang sangat terbuka, termasuk kemungkinan adanya perbedan pendapat.

Namun, perbedaan pendapat itu bukan masalah bagi Kahmi, karena semuanya ditujukan untuk kepentingan dan kemajuan bangsa Indonesia.

“Kahmi tidak berpolitik, Kahmi tidak berafiliasi dengan kekuatan politik mana pun. Kahmi hanya berkoalisi dengan tujuan negara,” ujarnya.

Meski bersikap netral dan independen, tetapi Mahfud MD menegaskan Kahmi selalu mendukung kebijakan negara. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...