MPR: 3 Syarat Penting Perkokoh Nasionalisme Zaman “Now”

BANDUNG, SERUJI.CO.ID –┬áKetua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan ada tiga syarat penting dalam rangka memperkokoh nasionalisme di zaman generasi milenial sekarang atau zaman “now”.

“Pertama mengetahui dan memahami asal muasal daerah kelahiran dan sejarah berdirinya negara Indonesia,” kata Zulkifli dalam seminar motivasi “The Spirit of Indonesia” Kami Indonesia” di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Selasa (13/2).

“Bagaimana datangnya cinta ke Tanah Air kalau kampung halaman kita tidak paham? Kesadaran itulah yang membuat kita merdeka,” lanjut Zulkifli.

Zulkifli di hadapan seribu lebih mahasiswa mengatakan tanpa mengetahui sejarah kelahiran bangsa ini sangat sulit untuk menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

“Kalau saudara tahu sejarah bangsanya, maka cinta kepada bangsanya akan lahir,” katanya.

Kedua, menurut Ketua MPR, adalah penguasaan terhadap ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dapat digunakan untuk menyejahterakan masyarakat sehingga dapat mengurangi kesenjangan antarpenduduk. Kesenjangan dengan kecemburuan akan membahayakan bangsa dan negara.

Ketiga, menurut dia, adalah perlunya penguasaan jejaring global. Hal ini mengingat perkembangan teknologi yang semakin mempermudah akses komunikasi sehingga kini dunia dirasakan semakin tidak ada jarak.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga membacakan ikrar deklarasi “Kami Indonesia”.

Selain Ketua MPR Zulkifli Hasan, mantan Ketua KPK Abraham Samad, Anggota DPD/MPR Oni Suwarman juga menjadi pembicara. Hadir pula komedian Miing Bagito. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER