Misbakhun: Pajak Penting Guna Memperkokoh Perekonomian Negara

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengingatkan masyarakat terhadap pentingnya pajak bagi sebuah negara guna memperkokoh perekonomian dalam pembangunan negara.

“Pajak adalah tulang punggung negara di Indonesia. Masyarakat harus paham betapa pajak memiliki peran penting dalam memperkokoh perekonomian nasional dan pembangunan negara,” kata Misbakhun pada seminar “Membangun Kesadaran Pajak” di Jakarta, Rabu (11/7).

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan itu dalam presentasinya juga menjelaskan soal masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, yang terlihat dari “tax ratio”. Angka produk domestik bruto (PDB) Indonesia terus mengalami kenaikan, sedangkan “tax ratio” termasuk dari sumber daya alam migas dan pertambangan hanya pada angka 11 persen. “Angka 11 persen ini jauh dari harapan. Pertanyaan besarnya adalah, kenapa sampai saat ini ‘tax ratio’ cenderung menurun setiap baseline PDB kita naik?” ujarnya.

Politisi Partai Golkar menjelaskan, seluruh bangsa Indonesia membayar pajak, meskipun pajak yang dibahar adalah pajak pertambahan nilai (PPN). Di hadapan peserta seminar yang mayoritas adalah mahasiswa itu, Misbakhun menjelaskan, bahwa dalam teori kontrak sosial, negara mengikat masyarakatnya melalui pajak dalam model apa pun. “Inilah yang ingin saya sadarkan bahwa Anda tidak bisa melawan negara dalam peran menjalankan kewajiban,” ujarnya.

Misbakhun menambahkan, saat ini sekitar 80 persen penerimaaan negara Indonesia dari sektor pajak dan penerimaan negara tersebut dimanfaatkan untuk pembiayaan pembangunan. “Pajak ini adalah bagian dari kepentingan nasional. Saya berdiri di sini bertujuan ingin membangun kesadaran bersama,” katanya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER