Menlu Gelar Pertemuan Dengan Perwakilan Negara OKI Bahas Al Aqsa

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menggelar pertemuan dengan sejumlah duta besar negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) guna membahas situasi keamanan di Masjid Al-Aqsa, di Jakarta, Selasa (25/7).

Menlu Retno di depan para perwakilan negara-negara anggota OKI menggarisbawahi bahwa Israel saat ini telah membatasi akses bagi saudara-saudari Muslim Palestina untuk beribadah di Masjid Al-Aqsa dan melanggar kebebasan untuk beribadah.

“Dalam pertemuan tadi saya sampaikan perlunya negara-negara anggota OKI untuk memiliki satu posisi yang solid dalam menyikapi perkembangan yang terjadi di komplek Masjid Al-Aqsa,” ujar Menlu Retno.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ketegangan antara warga Palestina dan aparat keamanan Israel makin memburuk.

Israel sebelumnya telah memasang alat pendeteksi logam dan kamera pengawas di pintu gerbang Masjid Al-Aqsa sejak 14 Juli, serta membatasi akses ke Masjid Al-Aqsa bagi Muslim Palestina yang ingin beribadah ke masjid tersuci ketiga bagi umat Muslim.

Setelah pemasangan alat deteksi metal tersebut, bentrokan antara warga Palestina dan aparat keamanan Israel pun tak terelakkan. Sedikitnya lima warga Palestina tewas terbunuh dan ratusan terluka karena bentrok dengan aparat keamanan Palestina.

“Kita tidak bisa berdiam diri dalam menyikapi situasi seperti ini dan kita harus lakukan sesuatu untuk mencegah kekerasan terjadi di Masjid Al-Aqsa,” kata Menlu.

Duta besar negara-negara anggota OKI yang hadir dalam ‘briefing’ singkat dengan Menlu RI antara lain dari Uzbekistan, Kazakhstan, Libya, Iran, Irak, Turki, Mozambique, UEA dan Qatar.

Dalam briefing tersebut, Menlu Retno mengingatkan bahwa pada 2015 Indonesia menjadi tuan rumah KTT OKI yang utamanya membahas isu Palestina.

Dari KTT tersebut dihasilkan Deklarasi Jakarta yang salah satu isinya adalah mendorong negara-negara OKI yang duduk di Dewan Keamanan PBB untuk terus menyuarakan perjuangan kemerdekaan Palestina.

Menlu Retno pun meminta para perwakilan negara-negara sahabat yang hadir untuk menyampaikan hal tersebut ke pemerintah negaranya.

Sementara itu, seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa Israel telah mencopot alat pendeteksi metal di gerbang masjid Al-Aqsa namun akan menggantinya dengan ‘pengawas pintar’. (HA)

Sumber:Antara

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.