Menko PMK Mendorong Dokter Bertugas Daerah di Terpencil

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mendorong para dokter bersedia bertugas di daerah terpencil, terdepan, dan tertinggal untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat daerah tersebut.

“Itu yang terus kita dorong, karena masyarakat di daerah sangat membutuhkan layanan kesehatan sementara tenaga dokternya masih minim,” katanya di Medan, Sabtu (27/1), saat membuka Temu Ilmiah Nasional dan Kongres Nasional Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) III.

Ia mengakui, pemerintah terus berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama di daerah-daerah yang selama ini jauh dari jangkauan seperti daerah terluas, tertinggal, dan terpencil, pembangunan sarana dan prasara kesehatan secara perlahan terus dibangun.

Sementara disatu sisi, tidak dapat dipungkiri bahwa dokter yang merasa enggan untuk bertugas di daerah, sehingga tenaga dokter lebih banyak terkonsentrasi di kota-kota besar terutama dokter spesialis.

“Kesenjangan jumlah tenaga dokter antara kota dengan desa ini yang terus kita pikirkan. Kita tentunya sangat berharap terutama dokter muda mau bertugas di desa. Masalah ini harus kita bicarakan bersama,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia menyinggung pentingnya seorang dokter terutama dokter wanita yang ditugaskan di daerah terpencil akan kemampuan bela diri atau pengetahuan untuk menghadapi ancaman seperti menghadapi hewas berbahaya seperti ular.

“Itu harus kita pikirkan. Misalnya seorang dokter wanita yang dibertugas di daerah terpencil, paling tidak paham atau dia tahu bagaimana cara mengindar dari ular ketika sedang berjalan di hutan,” katanya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.