Menko Maritim: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Tersambung Kertajati

4
161
luhut binsar panjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinasi bidang Maritim Luhut Pandjaitan mengatakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dimungkinan bisa tersambung dengan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

“Tadi bicara komprehensif (tentang) kereta api Jakarta-Bandung dan sekarang ada peluang mungkin sekaligus dikaitkan dengan Kertajati sehingga ‘cost‘-nya bisa ditekan ke bawah,” kata Luhut usai menghadap Presiden di lingkungan Istana kepresidenan Jakarta, Senin (23/10).

Luhut mengungkapkan bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan bagian dari proyeksi pembangunan yang pada 2030 tersambung sebagai transportasi terpadu yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Jadi tidak melihat dari proyeknya saja, tapi melihat konektifitas Pulau Jawa, yaitu Jakarta-Bandung itu menjadi satu pada 2030,” kata Luhut.

Dia juga mengungkapkan, Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa semua prospek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung berjalan lancar.

“Memang ada perhatian-perhatian khusus mengenai ‘elevated‘ (jalur layang) karena itu hampir 81 kilometer, terowongan hampir 20 kilometer itu menjadi perhatian Kementerian PUPR terkait teknologinya karena daerah gempa,” ucapnya.

Pembangunan kereta cepat ini sahamnya dipegang China Railway International sebesar 40 persen dan 60 persen dimiliki oleh PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).

PSBI itu sendiri merupakan perusahaan yang merupakan gabungan dari empat BUMN yaitu PT Kereta Api Indonesia, PT Wijaya Karya, PTPN VIII dan PT Jasa Marga. (Ant/SU03)

loading...

4 KOMENTAR

  1. Menurut saya, seluruh ide2 pembangunan oleh rezim ini di stop saja. Pembangunan yg dilakukan oleh pengkhianat bangsa, orientasinya bukan utk kemaslahatan masyarakat banyak tapi…utk keuntungan dirinya, kelompoknya dan…Cina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Masih Belum Temukan 12 Surat Tanah, PLN Area Dumai Akan Urus Surat Pengganti

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Setelah berusaha mencari dan dua kali berturut-turut PT PLN (Persero) Area Dumai mengumumkan kehilangan sejumlah Sertifikat dan Surat Tanah lewat media,...
Mobil Perpus

Mobil Prestasi Muamalat Menarik Minat Baca Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dalam upaya menumbuhkan kembali minat baca dikalangan pelajar, PKPU Human Initiative bekerjasama dengan Mobil Prestasi Muamalat memberikan fasilitas Mobil perpustakaan keliling,...

Setelah Bertemu Puan Diam-Diam dan Kunjungi Ketum PAN, Hari ini Prabowo Gerilya ke SBY

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terus melakukan gerilya politik sepajang sore hingga malam kemarin, Selasa (17/7). Prabowo yang sudah dipastikan maju...
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...