Menko Maritim: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Tersambung Kertajati

4
110
luhut binsar panjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Koordinasi bidang Maritim Luhut Pandjaitan mengatakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dimungkinan bisa tersambung dengan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

“Tadi bicara komprehensif (tentang) kereta api Jakarta-Bandung dan sekarang ada peluang mungkin sekaligus dikaitkan dengan Kertajati sehingga ‘cost‘-nya bisa ditekan ke bawah,” kata Luhut usai menghadap Presiden di lingkungan Istana kepresidenan Jakarta, Senin (23/10).

Luhut mengungkapkan bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan bagian dari proyeksi pembangunan yang pada 2030 tersambung sebagai transportasi terpadu yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Jadi tidak melihat dari proyeknya saja, tapi melihat konektifitas Pulau Jawa, yaitu Jakarta-Bandung itu menjadi satu pada 2030,” kata Luhut.

Dia juga mengungkapkan, Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa semua prospek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung berjalan lancar.

“Memang ada perhatian-perhatian khusus mengenai ‘elevated‘ (jalur layang) karena itu hampir 81 kilometer, terowongan hampir 20 kilometer itu menjadi perhatian Kementerian PUPR terkait teknologinya karena daerah gempa,” ucapnya.

Pembangunan kereta cepat ini sahamnya dipegang China Railway International sebesar 40 persen dan 60 persen dimiliki oleh PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI).

PSBI itu sendiri merupakan perusahaan yang merupakan gabungan dari empat BUMN yaitu PT Kereta Api Indonesia, PT Wijaya Karya, PTPN VIII dan PT Jasa Marga. (Ant/SU03)

BAGIKAN
loading...

4 KOMENTAR

  1. Menurut saya, seluruh ide2 pembangunan oleh rezim ini di stop saja. Pembangunan yg dilakukan oleh pengkhianat bangsa, orientasinya bukan utk kemaslahatan masyarakat banyak tapi…utk keuntungan dirinya, kelompoknya dan…Cina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...
Pembagian kartu e-tol

Dibuka Awal 2018, Tol Soker Hanya Layani Transaksi Non Tunai

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tol Solo-Kertosono (Soker) mulai dioperasikan pada Januari 2018. Sistem pembayaran tol sepenuhnya akan dilakukan secara nontunai atau menggunakan kartu e-toll. Pembayaran dengan...
Operasi Zebra Turangga 2017

Pelanggaran Operasi Zebra Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Sampai hari terakhir Operasi Zebra Turangga 2017 di kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. “Ini...

KANAL WARGA TERBARU

1

Suami yang Bertanggungjawab

Suami yang Bertanggungjawab Sore itu, saya sedang nemeni anak bermain sambil baca-baca SERUJI . Terdengar suara motor memasuki halaman rumah, sesaat kemudian  seorang bapak-bapak  bicara...
20171119_103818

Empat Cara Mengenali Seseorang dari Akun Sosial Media Miliknya

1. Cara penulisan kata2 2. Cara berkomunikasi dengan orang lain (bahasa) 3. Perilaku bersosmed. Apa aja yg diupload. Membaca eksistensi dan pengakuan yg diharapkan dan diperoleh. 4....
Posyandu

Masuk 10 Besar Kabupaten, Posyandu Dewi Asih Jalani Penilaian Lomba

KLATEN, SERUJI.CO.ID - Posyandu Dewi Asih, Desa Dukuh, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, pada Rabu (25/10), menjalani penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten. Tim penilai bukan hanya...