Menhub Targetkan Terminal Benoa Selesai Oktober

0
52
menhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (foto: istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Pelindo III untuk menyelesaikan reklamasi dan peningkatan kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Benoa pada Oktober 2018.

Dalam kunjungan kerjanya meninjau Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (22/12), Menhub Budi Karya mengatakan Pelindo III hanya memiliki waktu sepuluh bulan untuk menyelesaikan pembangunan terminal kapal pesiar dalam menyambut IMF World Bank Annual Meetings 2018 pada Oktober tahun depan.

“Oktober akan ada lebih dari 17 ribu orang yang akan datang beserta rombongan. Pasti mereka akan menyempatkan diri untuk berlayar, cruise, atau yacht. Itu adalah orang-orang yang spendingnya kuat sekali,” kata Budi.

Ada pun pertemuan IMF World Bank merupakan pertemuan terbesar dunia dalam bidang ekonomi dan keuangan, yang menghadirkan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara pada Oktober 2018.

Oleh karena itu, Pelabuhan Benoa tengah berbenah diri untuk siap menyambut tamu negara yang akan berkunjung ke Bali menggunakan kapal pesiar.

Budi menjelaskan kapasitas terminal penumpang akan ditingkatkan lima kali lipat dari 69 ribu per tahun menjadi 320 ribu penumpang per tahun, sehingga harus dipersiapkan dengan baik.

“Oktober 2018 paling tidak, sandar untuk penumpang, dermaga baru, dan berikut bangunan terminal sudah selesai,” katanya.

Ia menambahkan pembangunan akan dimulai Januari 2018. Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Benoa juga diminta untuk bekerja sama dengan tidak membuat aturan yang menjadikan pembangunan tersebut terkendala, bahkan memberikan rekomendasi atas rencana yang dilakukan Pelindo III.

Soal reklamasi, Budi menegaskan harus dilakukan dengan hati-hati karena yang lebih diutamakan dalam pengembangan ini adalah kedatangan penumpang, yakni berkaitan dengan kapasitas terminal yang ditingkatkan.

“Saya melihat untuk terminal mungkin dilaksanakan, reklamasi harus hati-hati jadi saya sarankan untuk melakukan pentahapan hal-hal yang perlu dan berkaitan dengan penumpang didahulukan,” pungkasnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Persebaya Alami Krisis Lini Belakang

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kesebelasan Persebaya Surabaya mengalami krisis lini belakang saat menghadapi pertandingan "Derby Suramadu" melawan Madura United dalam laga pekan ke-10 Liga 1...
jokowi, joko widodo

RUU Terorisme Disahkan, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait Peraturan Presiden (Perpres) setelah disahkannya Revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang. "Perpres akan membahas teknis, hanya...

Pansus: Pemerintah Keluarkan PP Usai RUU Terorisme Disahkan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Panitia Khusus revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafi'i meminta pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah...

DPR Setujui RUU Terorisme Jadi UU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Paripurna DPR pada Jumat (25/5) pagi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas UU nomor 15 tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah...
Pilkada-2018

KPU Jateng Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menemukan sebanyak 1.915 surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018 mengalami kerusakan. "Kerusakan...