Menhan: AS Akan Bantu Pelaksanaan Patroli Trilateral

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan Amerika Serikat (AS) akan membantu pelaksanaan Patroli trilateral yang merupakan kerja sama antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

“Soal trilateral, kita sudah laksanakan dan hasilnya sudah banyak. Kita juga perlu bantuan dan tadi Jenderal Mattis mengatakan dia akan bantu,” ujar Ryamizard usai melakukan pertemuan dengan Menhan AS James Mattis di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/1).

Mantan kepala staf TNI Angkatan Darat (KSAD) tersebut menuturkan AS siap mendatangkan peralatan militer mereka, jika diperlukan untuk memperkuat patroli di kawasan Laut Sulu, Filipina.

“Saya sangat senang karena AS peralatannya jauh lebih canggih dari kita,” ungkap Menhan.

Ryamizard menjelaskan kerja sama yang dilakukan tiga negara, untuk menjaga keamanan laut dan udara ini merupakan kegiatan yang penting dan harus didukung. Selain menjadi pelacak keberadaan kelompok radikal ISIS, patroli tersebut juga dimaksudkan untuk mengurangi kejahatan kelompok bersenjata yang kerap beroperasi di laut.

Ia juga menuturkan saat ini anggota kelompok radikal sudah menyebar di wilayah Asia Tenggara, yang mana Indonesia, Malaysia, dan Filipina menjadi pusat kegiatan mereka.

Oleh karena itu, patroli trilateral perlu diperkuat, yang salah satunya dengan menambah jumlah personel “mata-mata”, tambah Menhan.

“Masalah ini harus diselesaikan, karena kalau tidak mereka akan tambah kuat,” kata Ryamizard.

Sementara itu, Menhan AS James Mattis mengatakan patroli trilateral yang dilakukan tiga negara ASEAN ini, penting dilaksanakan untuk menekan penyebaran teroris yang membahayakan warga sipil dan juga untuk menghalau kejahatan. Ia juga menyampaikan pihaknya siap memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk mendukung patroli itu.

“Kami juga masih menunggu respon dari Indonesia, jika ada permintaan untuk membentuk unit pasukan khusus yang akan menghalau teroris,” kata Mattis. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O