Menhan: AS Akan Bantu Pelaksanaan Patroli Trilateral


JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áMenteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan Amerika Serikat (AS) akan membantu pelaksanaan Patroli trilateral yang merupakan kerja sama antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

“Soal trilateral, kita sudah laksanakan dan hasilnya sudah banyak. Kita juga perlu bantuan dan tadi Jenderal Mattis mengatakan dia akan bantu,” ujar Ryamizard usai melakukan pertemuan dengan Menhan AS James Mattis di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/1).

Mantan kepala staf TNI Angkatan Darat (KSAD) tersebut menuturkan AS siap mendatangkan peralatan militer mereka, jika diperlukan untuk memperkuat patroli di kawasan Laut Sulu, Filipina.

“Saya sangat senang karena AS peralatannya jauh lebih canggih dari kita,” ungkap Menhan.

Ryamizard menjelaskan kerja sama yang dilakukan tiga negara, untuk menjaga keamanan laut dan udara ini merupakan kegiatan yang penting dan harus didukung. Selain menjadi pelacak keberadaan kelompok radikal ISIS, patroli tersebut juga dimaksudkan untuk mengurangi kejahatan kelompok bersenjata yang kerap beroperasi di laut.

Ia juga menuturkan saat ini anggota kelompok radikal sudah menyebar di wilayah Asia Tenggara, yang mana Indonesia, Malaysia, dan Filipina menjadi pusat kegiatan mereka.

Oleh karena itu, patroli trilateral perlu diperkuat, yang salah satunya dengan menambah jumlah personel “mata-mata”, tambah Menhan.

“Masalah ini harus diselesaikan, karena kalau tidak mereka akan tambah kuat,” kata Ryamizard.

Sementara itu, Menhan AS James Mattis mengatakan patroli trilateral yang dilakukan tiga negara ASEAN ini, penting dilaksanakan untuk menekan penyebaran teroris yang membahayakan warga sipil dan juga untuk menghalau kejahatan. Ia juga menyampaikan pihaknya siap memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk mendukung patroli itu.

“Kami juga masih menunggu respon dari Indonesia, jika ada permintaan untuk membentuk unit pasukan khusus yang akan menghalau teroris,” kata Mattis. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close