Mendagri: Jumlah Ormas Tercatat 359 Ribu Lebih

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan jumlah ormas (organisasi massa) per Januari 2018 mencapai 359.967 yang tercatat di sejumlah lembaga pemerintahan.

“Ada lebih dari 359 ribu Ormas,” katanya saat pemaparan dalam rapat pimpinan TNI-Polri 2018 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa.

Dalam pemaparannya 359 ribu lebih ormas tersebut, tercatat di Kemendagri sebanyak 526 ormas, Kemenlu 82 ormas, Pemerintah Provinsi 7.671, Pemerintah Kabupaten/Kota 17.183 ormas, dan Kemenkumham 334.505 ormas.

Dengan banyaknya ormas tersebut, Mendagri mengharapkan agar aparat tidak kecolongan terhadap ormas-ormas yang ingin mengubah Pancasila sebagai dasar negara.

Ia mengatakan, negara tidak melarang organsiasi massa baik keagamaan maupun organisasi lainnya, bahkan melindungi kekebasan berekspresi.

Namun demikian, akan menindak tegas bagi organisasi yang berkeinginan untuk mengubah ideologi negara, Pancasila. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER