Mendagri Akan Coret Program Daerah yang Tidak Fokus

24

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak pemerintah daerah untuk fokus dalam pembangunan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Indonesia. Masing-masing kepala daerah baik Gubernur, Bupati maupun Walikota harus mampu menjabarkan apa yang menjadi fokus pembangunan di daerah tersebut.

Bahkan ia mengungkapkan akan  mencoret program-program yang tidak fokus dengan kebijakan politik pembangunan di daerah-daerah.“Kalau banyak program-program yang mengawang, tidak jelas, mohon maaf saya coret,” ungkap Mendagri di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (21/1).

Maka dari itu, “Cukup satu atau dua fokusnya apa,termasuk juga dengan anggaran,” ujar dia.Terkait dengan anggaran, saat ini Kementerian Dalam Negeri memiliki hak untuk melakukan evaluasi. Mendagri menilai sepanjang anggaran tersebut dipergunakan untuk kemaslahatan masyarakat yang ada di daerah tidak menjadi masalah.

Mendagri memberikan contoh jangan sampai membuat program pembangunan peningkatan masyarakat nelayan namun dalam praktiknya terlalu luas. Jika memang untuk nelayan, maka bisa langsung diperjelas untuk fokus pada hal-hal yang memang dibutuhkan untuk kesejahteraan nelayan.

“Kalau fokusnya pada masyarakat nelayan, ya sudah jelas, oh perlu berapa kapal nelayan, jaring-jaringanya bagaimana, solarnya bagaimana,” tutur Tjahjo.

EDITOR: Yus Arza

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama