Menag: Vaksinasi Harus Utamakan Faktor Pencegahan Mudarat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áMenteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan vaksinasi harus berorientasi pada mencegah terjadinya mudarat atau kerugian sehingga perlu banyak sosialiasi.

“Harus ada sosialisasi yang lebih masif untuk menjelaskan kepada publik, seseorang itu kalau tidak divaksin itu mudaratnya apa,” kata Lukman saat menerima Menteri Kesehatan Nila Moeloek di kantornya di Jakarta, Selasa (23/1).

Dia mengatakan mudarat vaksinasi harus terus dipublikasikan kepada masyarakat sehingga mengerti jika vaksin itu penting untuk mencegah penyakit tertentu misalnya Difteri, Rumela, Rubella dan lainnya.

Menurut dia, sosialisasi soal vaksinasi menjadi tugas bersama, khususnya Kemenkes yang paling memahami sisi medis.

Lukman mengatakan Kemenkes harus menjelaskan mengenai dampak seseorang jika tidak divaksinasi maka akan terdampak sejumlah penyakit tertentu.

“Dan dalam agama, mencegah mudarat itu harus diprioritaskan sehingga kemudian publik teredukasi dan termotivasi untuk melakukan pencegahan dengan salah satunya melalui vaksin,” kata dia.

Pertemuan Menag dan Menkes dilakukan untuk membahas sejumlah hal termasuk vaksin.

Selain itu, pertemuan lintas kementerian tersebut dalam kerangka mensinergikan sejumlah program kesehatan dengan Kementerian Agama terutama pada Pelayanan Kesehatan Haji, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Sertifikasi Halal. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER