Masa Pemulihan Lombok, PKPU Human Initiative Resmikan Rumah Senyum


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Meski saat ini perhatian publik saat ini tertuju pada bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, namun upaya pemulihan dampak gempa lombok tidak dilupakan.

Sejak masa recovery, PKPU Human Initiative membangun hunian sementara (huntara) dengan target 1000 unit yang dibangun, di Kabupaten Lombok Utara dan Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saat ini, kami sudah menyelesaikan pembangunan 406 huntara dari 1.000 yang ditargetkan ditahap awal Agustus – September kemarin. Kami menyebutnya Rumah Senyum,” terang Koordinator Tim Recovery Lombok PKPU HI, Ferry Suranto.

Menurut Ferry, dari 406 Rumah Senyum tersebut 116 unit di KLU dan 295 di kecamatan Sembalun, Lombok TImur.

“Insya Allah masih 168 huntara lagi yang akan dibangun,” tambahnya.

Kemarin (5/10), sebanyak 295 Rumah Senyum diresmikan oleh President of PKPU Human Initiative Agung Notowiguno dan Presiden Mercy Malaysia Dato’ Dr. Ahmad Faizal Perdaus.

Hadir juga dalam peresmian MUI Lombok Timur TGH. Ishaq Abdul Ghani,Lc. dan Bupati Lombok Timur Muhammad Sukiman Azmi menerima secara simbolis. Rumah Senyum tersebut akan dihuni oleh 295 KK warga terdampak di Desa Sembalun, Kec. Sembalun.

Seperti diketahui dampak gempa bumi 7 SR yang terjadi berulang-ulang sejak akhir Juli lalu, mengakibatkan lebih dari 70 ribu rumah rusak, yang membuat 350 ribu jiwa terdampak dan sebagian besar mengungsi.

Menurut Ferry, dalam penanganan gempa Lombok, rencana aksi PKPU Human Initiative lainnya di bulan Oktober 2018 ini adalah distribusi logistik sebanyak 396 paket, distribusi cooking set dan hygiene kits, distribusi air bersih dan water tank.

“Kami juga akan membangun 3 unit Serambi Nyaman, 5 unit MCK dan 3 sumur bor untuk 3 desa dan 1 unit (lagi) Sekolah Darurat,” tutup Ferry. (PKPU HI/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close