Mahfud: Pancasila Pijakan Utama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pancasila harus menjadi pijakan paling utama dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, kata pakar hukum tata negara dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Mahfud MD.

“Terjaganya persatuan bangsa Indonesia hanya bisa terwujud selama Pancasila masih menjadi landasannya,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pada “talkshow” bertajuk “Pancasila di Zamanku” yang dipandu Rosianna Silalahi di Yogyakarta, Sabtu (3/2).

Menurut dia, Pancasila itu menjadi kesadaran filsafat hukum dan sumber kesadaran berbangsa dan bernegara. Pancasila itu ideologi yang mempersatukan.

“Generasi muda saat ini harus merefleksikan Pancasila dalam kehidupan bersosialisasi mereka sehari-hari untuk mencegah perpecahan dan radikalisme. Radikalisme harus kita tangkal dengan Pancasila sebagai ideologi pemersatu ikatan kita sebagai bangsa Indonesia,” kata Mahfud.

Aktivis Wahid Institute Inayah Wulandari Wahid mengatakan Pancasila adalah intisari dari semua nilai-nilai kearifan yang bersifat universal, sehingga sampai kapan pun Pancasila tidak akan ketinggalan zaman termasuk di tengah generasi milenial saat ini.

“Selama ada manusia dan kemanusiaan, Pancasila akan selalu relevan, karena Pancasila bersumber dari nilai-nilai kebaikan yang universal. Dengan demikian, Pancasila akan selalu sejalan dengan agama apa pun,” kata putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Vokalis Band Kotak Tantri Syalindri Ichlasari mengatakan anak-anak muda saat ini diharapkan terus berkarya dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka.

Contohnya, semangat Pancasila tetap dia tanamkan dalam bermusik melalui beberapa lagunya bersama Band Kotak.

“Saya dan teman-teman di Kotak punya perhatian besar terhadap nasionalisme dan Pancasila. Kami menciptakan dua lagu yang bisa menggugah semangat nasionalisme yakni Satu Indonesia dan Merah Putihku,” kata Tantri.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H Serad mengatakan tema Pancasila harus terus digiatkan kepada generasi muda saat ini. Derasnya arus informasi saat ini bisa menjadi ancaman jika tidak dibentengi Pancasila sebagai landasan.

Menurut dia, pihaknya mendorong kaum muda agar bersikap dan bersuara menguatkan nilai-nilai Pancasila dan semangat persatuan di lingkungan dan komunitas mereka.

“Hal itu penting karena dalam era kebebasan informasi dan persaingan global saat ini ada banyak ideologi baik dari luar maupun internal yang bisa membelokkan kecintaan kaum muda terhadap warisan budaya dan kearifan yang kita miliki,” kata Primadi.

“Talkshow” bertajuk “Pancasila di Zamanku” dalam rangka “Road to Campuss” itu diselenggarakan Bakti Pendidikan Djarum Foundation bekerja sama dengan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan Solidaritas Anak Bangsa (Sabang).

“Talkshow” itu dihadiri 3.000 mahasiswa dari delapan perguruan tinggi di Yogyakarta yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USD), UIN Sunan Kalijaga, UPN Veteran Yogyakarta, Institut Seni Indonesia (ISI), dan STIE YKPN. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER