M Natsir: Beri Sanksi Pelaku ‘Bullying’ di Kampus

0
77
Menristek, Natsir
Menristek M. Natsir (Foro: Istimewa)

JAKARTA – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Natsir menegaskan tidak boleh ada “bullying” di lingkungan kampus dan rektor harus memberikan sanksi kepada siapapun yang melakukan tindakan tersebut.

“Tidak boleh ada ‘bullying di kampus, dan rektor harus memberi sanksi” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Natsir di Jakarta, Senin (18/7).

Natsir menghimbau untuk tidak boleh melakukan bullying seperti itu. Karena semua orang memiliki kesamaan hak dalam pendidikan, siapa pun itu, khususnya bagi mereka penyandang disabilitas.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebuah video memperlihatkan aksi “bullying” kepada seorang pemuda yang diduga berkebutuhan khusus. Video tersebut ramai beredar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam video tersebut tas korban ditarik oleh seorang mahasiswa. Korban pun berusaha melepaskan diri hingga terhuyung. Akhirnya korban berhasil lepas dan sempat melemparkan tong sampah kepada pelaku.

Para mahasiswa lainnya yang melihat kejadian ini bukannya menolong malah ikut menonton sambil bertepuk tangan.
Natsir menegaskan bahwa para penyandang disabilitas harus dilayani sesuai warga yang lain.

“Kalau ada ‘bullying’ semacam ini. Rektorlah yang harus menindak dan rektor sudah bertindak memberikan sanksi tiga orang,” ucap Natsir.

Wakil Rektor III Universitas Gunadarma Irwan Bastian mengungkapkan, saat ini baik terduga pelaku maupun korbannya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi angkatan 2016.

Para mahasiswa terduga pelaku “bullying” terhadap temannya yang berkebutuhan khusus diketahui berstatus mahasiswa semester dua di Kampus Universitas Gunadarma.

“Peristiwa terjadi di Kampus Universitas Gunadarma yang ada di Kelapa Dua, Depok” kata Irwan menanggapi video tersebut. (HA)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Hilman Ungkap Hubungannya Dengan Fredrich

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mantan jurnalis Metro TV Hilman Mattauch pada persidangan di pengadilan di Jakarta mengungkapkan hubungannya dengan bekas pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi. "Kenal...

Polisi Selidiki Kecurangan UNBK di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menyelidiki dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)...

Polresta Madiun Amankan Ribuan Liter Miras

MADIUN, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Madiun Kota, Jawa Timur mengamankan sebanyak 1.725 liter minuman keras selama Operasi Tumpas Semeru 2018 yang digelar pada tanggal...

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...