Mikul Dhuwur Mendhem Jero

M Natsir: Beri Sanksi Pelaku ‘Bullying’ di Kampus

0
38
Menristek, Natsir
Menristek M. Natsir (Foro: Istimewa)

JAKARTA – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Natsir menegaskan tidak boleh ada “bullying” di lingkungan kampus dan rektor harus memberikan sanksi kepada siapapun yang melakukan tindakan tersebut.

“Tidak boleh ada ‘bullying di kampus, dan rektor harus memberi sanksi” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Natsir di Jakarta, Senin (18/7).

Natsir menghimbau untuk tidak boleh melakukan bullying seperti itu. Karena semua orang memiliki kesamaan hak dalam pendidikan, siapa pun itu, khususnya bagi mereka penyandang disabilitas.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebuah video memperlihatkan aksi “bullying” kepada seorang pemuda yang diduga berkebutuhan khusus. Video tersebut ramai beredar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam video tersebut tas korban ditarik oleh seorang mahasiswa. Korban pun berusaha melepaskan diri hingga terhuyung. Akhirnya korban berhasil lepas dan sempat melemparkan tong sampah kepada pelaku.

Para mahasiswa lainnya yang melihat kejadian ini bukannya menolong malah ikut menonton sambil bertepuk tangan.
Natsir menegaskan bahwa para penyandang disabilitas harus dilayani sesuai warga yang lain.

“Kalau ada ‘bullying’ semacam ini. Rektorlah yang harus menindak dan rektor sudah bertindak memberikan sanksi tiga orang,” ucap Natsir.

Wakil Rektor III Universitas Gunadarma Irwan Bastian mengungkapkan, saat ini baik terduga pelaku maupun korbannya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi angkatan 2016.

Para mahasiswa terduga pelaku “bullying” terhadap temannya yang berkebutuhan khusus diketahui berstatus mahasiswa semester dua di Kampus Universitas Gunadarma.

“Peristiwa terjadi di Kampus Universitas Gunadarma yang ada di Kelapa Dua, Depok” kata Irwan menanggapi video tersebut. (HA)

SUMBERAntara
BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

gunung agung

BNPB: Jangan Sebarkan Hoax Letusan Gunung Agung

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat agar tidak menyebarkan berita palsu atau hoax...

Rekonstruksi Kasus Perkelahian ala “Gladiator” Hadirkan Empat Tersangka Anak

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Satreskrim Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat, melakukan rekonstruksi kasus perkelahian pelajar ala "gladiator" dengan menghadirkan empat dari lima tersangka anak...
Jendral Gatot dan Purnawirawan

Kapuspen TNI: Pernyataan Panglima Bukan Konsumsi Publik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Wuryanto, menegaskan, pernyataan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo soal adanya institusi yang memesan...
pcc

IAI Bantah Penahanan Apoteker Terkait PCC

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) membantah bahwa penahanan apoteker di Kendari, Sulawesi Tenggara, terkait dengan kasus peredaran penyalahgunaan tablet...
Jazuli Juwaini

Politisi PKS: Ulama dan Umat Islam Adalah Penjaga Pancasila dan NKRI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan bahwa ulama dan umat Islam selama ini telah berperan penting...

Risma Target 700 Tanah Pemkot Tersertifikasi Tahun Ini

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menarget sertifikasi 700 tanah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tahun 2017. Dari jumlah itu, 230 sertifikat...