LPSK Verifikasi Jumlah Korban Kerusuhan Mako Brimob

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Tim Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengunjungi Mako Brimob pada Rabu malam untuk memverifikasi jumlah korban yang jatuh dalam kerusuhan yang berlangsung sejak Selasa (8/5) malam itu.

Wakil Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan tujuan tim yang dipimpinnya mendatangi Mako Brimob untuk mengoordinasikan dan memverifikasi jumlah korban yang jatuh akibat kerusuhan yang terjadi.

Hanya saja, tim belum bisa bertemu dengan pejabat yang berwenang di Mako Brimob karena lokasi tersebut masih steril.

“Tapi, kami sudah sempat berkomunikasi dengan Densus 88,” ujar Hasto seusai mendatangi lokasi.

Selanjutnya, kata Hasto, pihaknya akan mendatangi para korban yang kini dirawat di rumah sakit bersama tim dari Densus 88. Tim LPSK juga akan berupaya menemui keluarga korban yang meninggal dunia.

“LPSK sebagai representasi negara hadir untuk memastikan pemenuhan hak korban, sekaligus berkoordinasi tentang saksi-saksi agar segera mendapat perlindungan,” katanya.

Karena berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban, lanjut Hasto, para saksi dan korban memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dan bantuan. Perlindungan bagi saksi bisa berbentuk perlindungan fisik maupun pemenuhan hak prosedural pada saat akan memberikan kesaksian.

Sedangkan bantuan yang bisa diakses dari LPSK, mulai medis, rehabilitasi psikologis, rehabilitasi psikososial dan kompensasi.

LPSK menyampaikan duka mendalam bagi korban dan keluarga, khususnya kepada keluarga besar Polri yang kehilangan sejumlah personel terbaiknya.

“Kita semua tentu menyesalkan mengapa hal ini bisa terjadi. Kami yakin Polri mampu mengatasi situasi ini dan berharap ke depan tidak terulang lagi kerusuhan serupa,” ujar Hasto. (Ant/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER