KPU: Empat Parpol Baru Lolos Verifikasi Faktual

0
84
KPU
Komisi Pemilihan Umum.

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan empat partai politik baru yang akan bertarung pada pemilu 2019 yakni PSI, Perindo, Garuda dan Berkarya sudah lolos verifikasi faktual yang digelar pada Desember 2017.

Komisioner KPU Papua Tarwinto yang yang membidangi Divisi hukum dan Pengawasan serta Pokja Verifikasi di Kota Jayapura, Senin (5/2) ketika dikonfirmasi membenarkan hal itu.

“Sudah, empat partai baru itu yakni Partai Perindo, PSI, Berkarya dan Garuda di tingkat provinsi sudah di verifikasi,” katanya menjawab pertanyaan.

Loading...

Sementara untuk tingkat kabupaten/kota, Tarwinto mengaku bahwa hal itu masih berlangsung dan pada 7 Fenruari 2018 laporannya baru masuk ke KPU Papua.

“Tapi kalau ditingkat kabupaten kan masih berjalan, sekarang lagi masa perbaikan, nanti pada 7 Februari 2018 baru bisa tahu hasilnya seperti apa dan semua itu akan diplenokan pada 9 Februari 2018 di KPU Papua,” kata Tarwinto.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2017, KPU Papua memverifikasi faktual DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) provinsi setempat yang telah dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoy di Sekretariat Partai PSI Provinsi Papua di Pasar Lama Abepura, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (15/12/2017) mengatakan, terhadap partai-partai yang sudah dinyatakan lolos verifikasi administrasi harus dilakukan verifikasi faktual di lapangan.

“Jumat (15/12) kemarin, kami lakukan verifikasi faktual terhadap Partai Perindo Provinsi Papua. Hari ini, kami lakukan di PSI Papua,” katanya yang datang bersama tim verifikasi, didampingi Kabag Hukum, Teknis dan Humas KPU Papua, Ruslan.

Menurut dia, hal-hal yang perlu diverifikasi faktual, antara lain, kepengurusan dan keterwakilan 30 persen kaum perempuan dalam partai.

“Waktu verifikasi itu mulai dari 15 Desember hingga 24 Desember 2017. Kami melakukannya dengan menggunakan waktu pada Jumat dan Sabtu pekan ini. Secara nasional hanya dua partai yang lolos kemarin, yakni Perindo dan PSI,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU