Kemensos Imbau Pemda Cegah Pengemis Musiman di Bulan Ramadhan

0
28
Pengemis (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áKementerian Sosial mengimbau pemerintah daerah untuk melakukan pencegahan dan pengurangan jumlah pengemis musiman selama Ramadhan 1439 Hijriah.

“Kita selalu meminta pemda melalui Dinas Sosial untuk terus melakukan langkah pencegahan agar pengemis musiman khususnya di Bulan Puasa bisa ditekan, dikurangi, bahkan dihilangkan,” kata Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kemensos Sonny W Manalu di Jakarta, Senin (4/6).

Ia mengatakan setiap rapat koordinasi maupun musrembang, Kemensos selalu mengingatkan pemda untuk melakukan langkah pencegahan tersebut.

Dia menilai pada Ramadhan 1439 Hijriah jumlah pengemis musiman menurun signifikan dibandingkan dengan sebelumnya yang dapat dilihat secara kasat mata.

“Biasanya pada minggu kedua Bulan Puasa, para pengemis musiman sudah datang beramai-ramai mereka berkumpul di perempatan jalan maupun di sekitar masjid-masjid besar, namun tahun ini secara kasat mata bisa kita lihat penurunannya,” kata dia.

Pemda DKI Jakarta, biasanya melakukan razia dan memulangkan pengemis musiman ke daerah asalnya. Petugas Dinas Sosial kerap berkeliling pusat keramaian untuk memantau keberadaan pengemis.

Jumlah pengemis musiman biasanya meningkat selama Ramadhan karena mereka memanfaatkan Bulan Puasa di mana umat Islam lebih banyak beribadah dan bersedekah.

Mereka, katanya, biasanya berasal dari daerah sekitar ibu kota dan akan kembali ke daerah asalnya setelah Lebaran. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU