KBRI Quito Gencar Promosikan Pariwisata Indonesia

0
16
tari Trunajaya
Penampilan tari Trunajaya oleh penari dari Kemenpar. (foto: dok KBRI Ecuador)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Duta Besar Indonesia untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono terus mempromosikan Indonesia di negara Amerika Latin itu yang rakyatnya masih kurang mengenal Indonesia dan jumlah warga negara Indonesia di negara tersebut relatif sedikit.

“KBRI dan Kementerian Pariwisata menyelenggarakan promosi pariwisata Indonesia, yang didahului dengan pertemuan bisnis dengan para operator dan biro perjalanan wisata setempat,” kata Dubes Diennaryati, Senin (18/12) malam.

Rakyat Ekuador menganggap Indonesia sebagai bagian dari Singapura, China atau India, dan mereka lebih mengenal Vietnam dan memilihnya sebagai negara tujuan wisata.

Untuk lebih mengenalkan Indonesia, katanya, KBRI Quito dan Kemenpar menyelenggarakan promosi pariwisata Indonesia pada pekan lalu. Kegiatan tersebut diperkuat dengan malam kesenian untuk menunjukkan kekayaan budaya dan gastronomi Indonesia.

“Konsep kegiatannya sengaja disusun sebagai ajang pertemuan antara tour operator, travel agency, dan pembeli dari Ekuador,” katanya.

Acara pertemuan bisnis antara Kemenpar, tour operator, dan biro perjalanan diikuti 17 perusahaan. Dari pertemuan tersebut sebanyak empat kelompok “masyarakat kelas atas” akan mengadakan kunjungan wisata ke Indonesia langsung dari Ekuador.

Pada malam kesenian “Wonderful Indonesia” para undangan mencicipi kuliner Indonesia dengan Chef Morino dari Wisma Indonesia. Dia memasak di dapur Hotel Hilton, dibantu para juru masak dari hotel tersebut.

Lebih 160 tamu yang kebanyakan dari kalangan kelas atas di Ekuador menghadiri malam kesenian yang berisi tarian, musik dan nyanyian dengan Yuyun George sebagai pimpinan tim artis dan peragaan busana oleh Novita Yunus.

Sebagian tamu baik yang menghadiri pertemuan bisnis dan malam kesenian adalah hasil kerja Ximena Rodas. Dia yang adik Walikota Quito Mauricio Rodas, adalah sahabat dan cinta Indonesia. Rumahnya penuh ornamen Indonesia.

“Ximena Rodas punya pengaruh dan jejaringnya luas sekali,” kata Dubes Diennaryati seraya mengakui bahwa dia belum kenal kebanyakan tamu dari kalangan atas tersebut yang hadir di malam kesenian tersebut.

Pada bagian lain dia mengatakan, di antara para tamu tersebut sudah ada yang berniat mengalihkan liburannya dari negara-negara lain ke Indonesia setelah menyaksikan penjelasan dan tayangan tentang industri pariwisata Indonesia.

Dubes Diennaryati juga mengatakan, ia telah mengajukan Ximena Rodas kepada Menteri Pariwisata untuk menjadi duta wisata yang akan membantu promosi Indonesia di Ekuador. (Ant/SU03)

Komentar

BACA JUGA
Jiwa Seni Puti Guntur

Bertemu Seniman, Puti Soekarno Berkisah Tentang Jiwa Seni Kakek dan Keluarganya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan kalangan seniman yang tergabung Forum Masyarakat Seni Indonesia (Formasi)...
Relawan Gus Ipul

60 Kelompok Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 60 kelompok relawan pendukung calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur siap memenangkan paslon tersebut di kontestasi Pilgub 2018. Para...
Mediator kesehatan

Mediator Kesehatan Diharapkan Mampu Memediasi Perselisihan di Bidang Kesehatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bersama Jimly School of Law and Goverment berupaya mengembangkan profesi mediator kesehatan. "Ini dinilai penting sebagai upaya...
buku Boko Haram

Bedah Buku Boko Haram: Indonesia Harus Belajar Pengalaman Nigeria

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Centre For Statecraft and Citizenship Studies (CSCS) Universitas Airlangga, Rosdiansyah menangkap pesan utama dari buku “BOKO HARAM: The History of...
persiba

Persiba Gagal Bendung Ketangguhan Sriwijaya FC

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Tuan rumah Persiba Balikpapan gagal membendung ketangguhan Sriwijaya FC dan menyerah 0-1 pada pertandingan babak penyisihan Grup B turnamen Piala Gubernur Kalimantan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...