Kapal Klinik Apung “Said Tuhuleley” LAZISMU, Besok Diresmikan Presiden

JAKARTA – Keinginan Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menghadirkan pelayanan kesehatan di Kepulauan Maluku dan Papua akhirnya terwujud, pasalnya Lembaga Zakat Nasional LAZISMU telah melaunching kapal “Klinik Apung Said Tuhuleley” kepada publik dan media di pelabuhan sekitar pantai Mutiara Blok TG7 Jakarta Utara, Jum’at (17/2).

Klinik apung yang dibangun dengan basis kapal yacht ini memiliki luas 15,5 x 3,5 x 5 meter berbahan dasar fiberglass dengan berat 8 ton dibuat di galangan Young Marine selama empat bulan dengan biaya Rp2 milyar yang selutuh biayanya berasal dari para muzakki.

Hilman Latief, Ketua Badan Pengurus Harian LAZISMU PP Muhammadiyah mengucapkan rasa syukur atas terwujudnya klinik apung ini. “Syukur alhamdulillah, bahwa apa yang dicita-citakan, apa yang diinginkan LAZISMU dalam mewujudkan visinya membantu masyarakat di kepulauan khususnya dalam bidang kesehatan dapat terwujud,” ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa klinik ini bisa terwujud karena berkat kerja keras seluruh tim dan juga dukungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta yang utama adalah kedermawanan para donatur yang telah menyumbangkan dananya untuk mewujudkan ini.
Pihaknya berharap bahwa setelah klinik Said Tuhuleley ini LAZISMU dapat melanjutkan dengan pembelian kapal berikutnya untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan di daerah lain yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan nanti bila dukungan kuat dari masyarakat kepada LAZISMU, tentu saja kami juga bisa mewujudkan ini di daerah lain yang memerlukan. Mudah-mudahan konsep keadilan yang kita promosikan bisa kita lakukan dengan cara-cara seperti ini”, pungkas Hilman.

Sedianya, Klinik Apung Said Tuhuleley akan berlayar menuju Pelabuhan Ambon pada hari Rabu (15/2) lalu. Namun karena cuaca yang buruk dan gelombang laut yang mencapai 7 meter, rencana keberangkatan pun tertunda.

Klinik Apung Said Tuhuleley akan mulai perjalanan panjangnya pada hari Sabtu subuh (18/2). Sejumlah kota pelabuhan seperti Jepara, Pasuruan, Mataram, Selayar dan Buru akan disinggahi sebelum merapat di Pelabuhan Ambon hari Kamis pekan depan (23/2). Klinik Apung Said Tuhuleley akan diresmikan Presiden Joko Widodo bertepatan dengan pembukaan acara Tanwir Muhammadiyah pada hari Jumat (24/2) di Ambon.

EDITOR: Yus Arza

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER