Jonan Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga BBM Hingga September

3
63
spbu, pom bensin
Ilustrasi SPBU

JAKARTA – Pemerintah memutuskan tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) sejak Juli hingga akhir September 2017.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak ada kenaikan harga BBM khususnya premium RON 88 serta solar atau biosolar mulai 1 Juli 2017 sampai 30 September 2017. Jadi, tiga bulan ke depan tidak ada kenaikan harga BBM sama sekali,” kata Menteri ESDM Ignasius Jonan usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (22/6).

Jonan menyebutkan keputusan itu sesuai arahan Presiden Jokowi dan sudah diputuskan dalam sidang kabinet paripurna Kamis ini.

“Itu dengan pertimbangan berbagai faktor termasuk faktor pertumbuhan ekonomi, juga ada kecenderungan penurunan harga minyak mentah dunia,” ujar Jonan.

Ia mencontohkan satu jenis minyak mentah saat ini harganya 42 dolar AS per barel padahal sebelumnya 45-46 dolar AS. Jenis minyak mentah lainnya harganya 44 dolar AS pada Kamis pagi padahal seminggu sebelumnya mencapai 47-48 dolar AS.

“Dengan pertimbangan itu pemerintah memutuskan untuk tidak ada kenaikan harga BBM khususnya premium RON 88 serta solar atau biosolar,” kata Jonan.

Mantan Menhub itu juga menyebutkan bahwa harga elpiji bersubsidi tabung isi tiga kg juga tidak akan mengalami kenaikan.

“Tidak ada kenaikan harga eceran, jadi tetap Rp13.500 per tabung. Itu berlaku juga 1 Juli sampai 30 september 2017,” katanya.

Jonan menyebutkan untuk tarif tenaga listrik, pemerintah juga sudah menetapkan tidak ada penyesuaian tarif untuk golongan manapun.

“Bahkan diharapkan bisa turun, intinya tidak ada kenaikan mulai 1 Juli hingga 31 Desember 2017. Untuk listrik lebih panjang sampai akhir tahun,” pungkas Jonan.

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyatakan masih mengkaji penyesuaian harga BBM pada Juli 2017. Pemerintah kini tetap diberi kuasa mengatur harga BBM jenis premium penugasan dan solar bersubsidi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), IGN Wiratmaja Puja mengatakan, jika penyesuaian setiap tiga bulan, maka harga BBM baru akan ditetapkan pada Juli sampai September 2017. (IwanY)

loading...

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...
Tjahjo Kumolo

Mendagri: Komjen Iriawan Memenuhi Syarat Jadi Pj Gubernur Jabar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Komjen Pol Iriawan memenuhi persyaratan untuk bertugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menggantikan Aher yang...

Dua Penumpang KM Sinar Bangun Ditemukan Tewas

SAMOSIR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan menemukan dua orang lagi penumpang KM Sinar Bangun, tewas akibat tenggelam di perairan Danau Toba, Tigaras, Kabupaten Simalungun, dan telah...

Polisi Tembak Kaki Empat Napi yang Kabur

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan Kepolisian Daerah Bali beserta jajaran Kepolisian Resor Kota Denpasar menembak kaki masing-masing empat tahanan yang nekat kabur dari rumah tahanan...