IPW Desak Polri Pecat Perwira Polisi Yang Aniaya Wanita dan Anak

0
89
  • 8
    Shares

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Indonesia Police Watch (IPW) mendesak agar perwira menengah Polda Bangka Belitung, AKBP Y yang menganiaya dua wanita dan seorang anak yang dituduh mencuri, dipecat dan dibawa ke pengadilan.

“Tindakan yang dilakukan polisi di Babel itu adalah tindakan biadab yang tidak berperikemanusiaan yang bertolak belakang dari misi Kepolisian Indonesia sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan masyarakat. Orang biadab seperti ini tidak pantas menjadi polisi,” kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane lewat rilis yang diterima SERUJI, Jumat (13/7).

Menurut Neta, setiap orang yang melakukan penganiayaan harus ditahan karena ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara dan kemudian diproses di pengadilan.

Loading...

Apalagi, lanjutnya, pelakunya adalah anggota polisi yang seharusnya mengayomi masyarakat, tentunya hukumannya harus lebih berat.

“Jangan hanya karena persoalan sepele, polisi bisa bertindak biadab dan bersikap arogan. Cara-cara seperti ini tidak boleh ditolerir dan jika dibiarkan oknum tersebut menjadi monster bagi masyarakat,” tegasnya.

Baca juga: Kapolri Berang, Perwira Polisi Penganiaya Ibu dan Anak Ini Akhirnya Dimutasi

Dikatakan Neta bahwa pendidikan di kepolisian sebenarnya sudah cukup baik, namun mentalitasnya masih cukup parah.

“Masih sangat arogan sehingga mereka lupa sebagai pangayom masyarakat dan lupa sebagai aparatur penegak hukum,” katanya.

Akibatnya, lanjutnya, cenderung main hakim sendiri. “Semua ini terjadi akibat lemahnya sistem kontrol di polri dan atasan kerap tidak peduli dengan bawahan sehingga bawahan cenderung seenaknya sendiri,” pungkasnya. (ARif R/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU