Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004). Kabar meninggalnya tokoh Persyarikatan Muhammadiyah ini menyebar dibeberapa group Whatsapp.

“Beliau wafat pada jam 19.00 WIB. Mohon doanya,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, yang dikutip dari Republika.co.id, Senin (7/9).

Prof Abdul Malik Fadjar adalah tokoh nasional yang telah mengemban amanah jabatan diberbagai pemerintahan di Indonesia. Saat Presiden RI dijabat BJ Habibie (1998-1999), Malik Fadjar diberi kepercayaan sebagai Menteri Agama.

Sementara, pada pemerintahan Megawati Soekarnoputri (2001-2004), tokoh yang dikenal kesederhanaannya ini dipercaya mengurusi pendidikan di Indonesia sebagai Menteri Pendidikan Nasional.

Terakhir, tokoh kelahiran Yogyakarta, 22 Februari 1939 ini diberi kepercayaan oleh Presiden Jokowi untuk duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI (2015 dan 2019).

Malik Fadjar yang tutup usia di umur 81 tahun adalah pendidik sejati. Memulai pengabdiannya sebagai seorang guru sejak di Sekolah Guru Bantu (SGB) Negeri dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sumbawa Besar NTB pada rentang 1960-1963.

Karir gurunya berlanjut hingga beliau menjadi dosen Tarbiyah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Malang pada 1972, dosen dan dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) hingga 1983.

Pada tahun 1983 hingga 2000, Malik Fadjar dipercaya memimpin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bersamaan juga dipercaya sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada 1994-1995.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.