Ini Teks Khotbah Salat Id yang Dianggap Singgung Kasus Ahok

GUNUNGKIDUL – Sepekan ini ramai diperbincangkan tentang khotbah salat Idul Fitri di alun-alun Gunungkidul, Yogyakarta. Pasalnya, menurut penuturan salah satu warga yang ikut salat Id, banyak jamaah yang meninggalkan lokasi saat khotbah baru berlangsung beberapa menit. Hal ini karena khatib ustadz Dr.H. Muchammad Ichsan, Lc, MA, dianggap menyinggung kasus penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam isi ceramahnya.

Ketua Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Wonosari Gunungkidul, Iskanto, juga menyayangkan materi khotbah Ichsan. Menurut dia sebenarnya apa yang disampaikan Ichsan faktual, tapi tidak layak di sampaikan ke masyarakat secara terbuka. Lebih lanjut Iskanto mengatakan, khotbah dengan membawa isu politik di mimbar, dinilai tidak pas untuk konsumsi masyarakat.

Polemik ini kemudian berlanjut, hingga pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta akan memanggil Panitia PHBI untuk klarifikasi dan evaluasi terkait isi khotbah tersebut.

Namun berdasarkan pantauan SERUJI, beberapa warganet yang ikut salat Id di lokasi tersebut membantah pemberitaan soal jamaah salat Id yang bubar. Salah satu contohnya adalah kesaksian warganet Diyah Puspita berikut ini:

Untuk bisa lebih jernih menilai dan menyikapi polemik ini, berikut foto teks ceramah lengkap yang didapatkan SERUJI, Rabu (28/6) :

Ichsan Nuriansah Bajuri
Isi Khotbah lembar pertama

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.