Indonesia-Inggris Sepakati Kerja Sama Pendidikan Vokasi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Inggris menyepakati kerja sama di bidang pendidikan vokasi yang akan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dalam waktu dekat.

“Perlu adanya reformasi pembelajaran di dalam kelas, perubahan orientasi kurikulum, dan revitalisasi pendidikan vokasi di sekolah menengah kejuruan (SMK),” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (25/1).

Saat ini, Mendikbud sedang berada di London, Inggris, berpartisipasi dalam Forum Pendidikan Dunia. Dalam kesempatan itu, Mendikbud Muhadjir Effendy melakukan dialog dengan Menteri Pendidikan Inggris Rt Hon Nick Gibb MP.

Mendikbud menekankan pentingnya revitalisasi SMK beserta kompetensi atau keahlian yang diperlukan untuk membangun masyarakat dan bangsa Indonesia, khususnya dengan adanya bonus demografi yang dimiliki Indonesia.

Kedua menteri bertukar pikiran tentang pengalaman melakukan reformasi pendidikan di negara masing-masing; harapan, peluang, dan tantangannya.

Kedua menteri juga sepakat untuk terus melanjutkan kerja sama saling menguntungkan, yang dalam waktu dekat akan didahului dengan penandatanganan nota kesepahaman yang sudah dalam tahap penyelesaian.

Pemerintah fokus pada penguatan pendidikan vokasi dan menjadi salah satu prioritas dalam kebijakan pendidikan tahun 2018. Selain pembenahan kurikulum dan peningkatan kualitas guru, kemitraan dengan industri bakal ditingkatkan.

Muhadjir Effendy mengungkapkan ada lima aspek yang bakal diperkuat pemerintah dalam program penguatan pendidikan vokasi. Kelima aspek tersebut antara lain, perbaikan kurikulum, peningkatan kualitas tenaga guru, perbaikan sarana dan prasarana, program “teaching factory”, dan meningkatkan kerja sama industri.

Kemudian, kurikulum akan dibuat minimum perbandingan 60 : 40. Sebanyak 60 persen kurikulum berupa kerja praktik di dunia industri, dan sebanyak 40 persen berupa teori di kelas. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER