Indonesia Diminta Adopsi Teknologi Pengelolaan Sampah Jepang

0
81
mobil listrik
Menteri Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe di Jepang, Rabu (13/12/2017). (foto: dok maritim.go.id)

CIREBON, SERUJI.CO.ID – Indonesia diminta agar dapat mengadopsi teknologi pengelolaan sampah Jepang, di mana negara itu telah berhasil mengkonversi sampah menjadi energi listrik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran pers di Cirebon, Kamis (14/12), mengatakan permintaan itu disampaikan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pertemuan di Jepang, Rabu (13/12).

“Beliau mendorong juga kerja sama terkait lingkungan seperti pengkonversian sampah menjadi energi listrik,” katanya.

Luhut menjelaskan teknologi tersebut sudah diterapkan di Shinigawa Incineration Plant di Tokyo, yang dikunjunginya pada Selasa (12/12). Di pusat pengelolaan sampah itu, sekitar 600 ton sampah dikonversi menjadi 10-15 mega watt (MW) per harinya.

Pusat pengelolaan sampah itu mengurus sampah yang dibuang oleh 9,3 juta orang di 23 distrik di Tokyo. Selain diubah menjadi energi listrik, di fasilitas tersebut sampah juga dijadikan bahan baku semen.

Katalisator yang digunakan dalam fasilitas insinerator itu telah dirancang untuk mengurangi racun, sehingga abu yang diproduksi pun dapat dijadikan bahan reklamasi di Tokyo.

“Saya sudah lihat di beberapa tempat, di sini bagus juga. Teknologi di sini dengan Swedia hampir sama,” tutup Luhut yang mengaku tengah menjajaki teknologi pengelolaan sampah di berbagai negara untuk dapat diimplementasikan di tujuh kota di Indonesia.

Pemerintah Indonesia berkomitmen mengurangi sampah plastik dari darat yang menjadi sumber utama sampah plastik lautan. Indonesia sendiri disebut-sebut sebagai negara kedua di dunia yang menghasilkan sampah plastik laut paling banyak.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengolah sampah plastik untuk campuran aspal jalan. Upaya lain yang akan ditempuh adalah pengelolaan sampah hingga pengolahan sampah menjadi energi listrik (waste to energy). (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Wapres Minta Menag Revisi 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan karena sebelumnya dikeluarkan Kemenag hanya...

Banyuwangi Masuk Kota Cerdas ASEAN

BANYUWANGI, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk dalam jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart...

Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang

HAVANA, SERUJI.CO.ID - Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan...
ekonomi syariah

MUI Dukung 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama yang merilis daftar nama mubaligh karena sifatnya untuk pencegahan terhadap...
Siswa SMA/MAN

Jawa Timur Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Korsel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan dengan Korea Selatan setelah ada pertemuan kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya dengan sebuah konsultan...