Hindari Penyalahgunaan Anggaran Daerah Untuk Pilkada, Ini Solusi Guru Besar Unair

0
61
Sogar Simamora
Prof. Dr. Sogar Simamora. (Setya/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Guru Besar Fakultas Hukum Unair Surabaya, Prof. DR. Sogar Simamora menghimbau kepada seluruh bakal calon kepala daerah incumbent atau yang memiliki jabatan di pemerintahan di seluruh Indonesia, termasuk di Jatim, yang akan maju di Pilkada 2018 agar tak menggunakan anggaran daerah untuk kepentingan politik.

Dia mengkhawatirkan akan ada penyalahgunaan anggaran jika hal tersebut terjadi pembiaran.

“Selama ini tidak ada peraturan hukum, baik Undang-undang atau aturan yang detail untuk pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Yang ada hanya Peraturan Presiden, namun tak mengatur detail pelaksanaannya. Hal ini sangat lemah sekali,” ungkapnya di Surabaya, Kamis (7/12).

Sogar mengatakan dampak dari kelemahan tersebut, banyak terjadi pelanggaran pilkada yang menggunakan anggaran daerah.

”Hal ini perlu diwaspadai,” ujarnya.

Atas dasar itu, sambung Sogar, Fakultas Hukum Unair Surabaya bersama Ikatan Alumni Fakultas Hukum Unair dan advokat Alumni Unair akan menggelar seminar nasional terkait membangun sistem hukum pengadaan barang dan jasa yang berkeadilan.

Seminar tersebut rencananya akan menghadirkan sejumlah nara sumber, diantaranya Ketua KPK Agus Raharjo dan Ketua Mahkamah Agung RI Prof. DR Hatta Ali.

“Harapannya dari seminar itu bisa melahirkan rekomendasi aturan untuk diserahkan ke pemerintah pusat,” pungkasnya. (Setya/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU