Hidayat Nurwahid Dukung Nasionalisasi Freeport

MATARAM – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid menyambut baik upaya pemerintah untuk menasionalisasi PT Freeport. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban negara untuk mengambil langkah tersebut, sesuai amanat pembukaan UUD 1945.

“Secara prinsip saya mendukung pemerintah untuk menasionalisasi PT Freeport,” kata Hidayat, saat ditanya awak media usai mengisi acara “Sosialisasi dan Edukasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara”, kerja sama MPR RI dengan Himpunan Mahasiswa Nahdatul Wathon (Himmah NW), di Aula Siti Rauhun Zainuddin Abdul Majid, Universitas Hamzanwadi, Selong, Lombok Timur, Kamis (23/2).

Hidayat mengungkapkan, PT Freeport sudah terlalu lama mengambil keuntungan dari Papua. Karenanya, ia meminta perusahaan asal Paman Sam itu mengembalikan keuntungannya kepada rakyat Indonesia. Hidayat juga mendukung sikap tegas pemerintah terhadap Freeport.

“Itu bagian dari mempertahankan kedaulatan ekonomi. Memang harus dilakukan Indonesia dan kita mendukungnya,” tegas politisi PKS ini.
“Sudah sejak lama kita suarakan nasionalisasi ini. Bukan hanya Freeport, tetapi perusahaan-perusahaan lain yang selama ini merugikan Indonesia, termasuk Natuna atau yang lainnya,” imbuhnya lagi.

Adapun terkait cara yang akan ditempuh untuk melakukan nasionalisasi ini, Hidayat menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Karena permasalahan kontrak karya berkaitan juga dengan masalah hukum, ekonomi, dan kekuatan lobi.

“Silakan pemerintah melakukan itu. Secara prinsip saya mendukung, dengan catatan penguasaan saham terbesarnya harus dimiliki oleh Indonesia,” pungkasnya.

EDITOR:  Rizky

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.

KUNTUM KHAIRA UMMATIN