Hidayat: Kembalinya NKRI Seharusnya Diperingati

KLATEN, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan kembalinya Indonesia menjadi negara kesatuan setelah sebelumnya berbentuk negara serikat seharusnya diperingati sehingga rakyat memahami adanya slogan NKRI harga mati.

“Ini harus dijelaskan agar rakyat semakin cinta negaranya,” kata Hidayat saat sosialisasi Empat Pilar MPR bersama Yayasan Pecinta Sunah Rosul di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Ahad (6/5).

Hidayat menjelaskan bahwa oleh para pendiri bangsa, Indonesia didirikan sebagai negara kesatuan dengan berbagai keragaman yang dimiliki.

Namun dalam perjalanan sejarahnya, Indonesia pernah terpaksa menjadi negara Republik Indonesia Serikat (RIS) sebagai hasil Konferensi Meja Bundar tahun 1949.

Tokoh Islam sekaligus pemimpin Partai Masyumi Mohammad Natsir lah yang kemudian mengeluarkan mosi integral pada Sidang Pleno Parlemen Sementara Republik Indonesia Serikat (RIS) tanggal 3 April 1950 yang intinya kembali ke negara kesatuan. Pada 17 Agustus 1950, RIS dibubarkan dan kembali ke NKRI.

Menurut Hidayat, mosi integral Natsir menunjukkan bahwa umat Islam yang sejak awal berperan dalam mendirikan Indonesia begitu mencintai negara ini.

“Ini bukti umat Islam cinta Indonesia. Umat Islam tak rela negara ini dipecahkan-pecah. Relasi Indonesia dengan Islam, partai Islam, umat Islam sangat kuat,” katanya.

Karena kecintaan yang sama, lanjut Hidayat, umat Islam ingin negara ini dikelola dengan benar sehingga bisa mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

“Karena cinta Indonesia, kita tolak korupsi, kita tolak narkoba dan kita tolak pornografi,” kata Hidayat. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER