Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya harga telur tersebut dibanding biasanya yang hanya 19-22 ribuan perkilogram, tapi kehebohan muncul karena pernyataan Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Menteri Perdagangan, Enggartriasto Lukita, saat dikonfirmasi mengenai kenaikan harga telur ini mengatakan bahwa kenaikan harga telur terkait dengan berlangsungnya Piala Dunia 2018 di Rusia.

Selama gelaran sepakbola dunia itu, kata Enggar, permintaan telur memang meningkat, sebagai makanan instan untuk menemani bergadang sambil menonton sepakbola.

“Karena tengah malam itu (makan) nasgor (nasi goreng) pakai telor; internet, Indomie telur, dan kornet, pakai telur juga. Saya dulu pernah menyelinap, ada fresh telur langsung kita ambil bikin nasgor,” kata Enggar di Jakarta. Senin (16/7).

Pernyataan Enggar itu mendapat kecaman berbagai kalangan, karena diaggap tidak logis dan terkesan hanya mencari-cari alasan, di tengah kenaikan harga telur.

Tidak berapa lama kemudian, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut kenaikan harga telur ayam yang menyentuh sampai Rp30 ribu per kilogram disebabkan karena adanya musim haji.

“Kenaikan harga telur ini cuma sementara, karena memang bersamaan dengan musim haji,” kata Amran saat berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (17/7).

Menurut Arman, kenaikan tersebut hanya bersifat sementara, dan ia memprediksi dalam waktu tidak terlalu lama akan turun kembali.

“Naik sedikit. Sekali-kali naik sedikit lah. Palingan seminggu ini sudah stabil kembali,” ujarnya.

Pernyataan Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian tersebut dibantah oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) yang daerahnya dikenal sebagai sentra penghasil telur.

Menurut Pakde Karwo, kenaikan harga telur lebih disebabkan karena terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) saat ini.

Kenaikan nilai tukar tersebut, kata Pakde, berimbas pada kenaikan harga pakan ternak seperti ayam.

“Dampak dari kenaikan harga pakan tersebut membuat biaya produksi tinggi sehingga produsen telur menaikkan harganya,” kata Soekarwo usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Senin (16/7).

Soekarwo menjelaskan, makanan ternak yang digunakan para peternak saat ini masih impor salah satunya dari Thailand. Sementara saat ini, nilai dolar terus naik sehingga mengakibatkan harga pakan ternak ikut naik.

“Ketika kita impor dan harga dolarnya naik, maka otomatis harganya ikut naik. Sekali lagi kenaikan harga telur ini bukan karena faktor cuaca tapi karena harga pakan naik,” tegas Pakde. (ARif R/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Ahok Menohok

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER